Bawaslu Sumbar Dorong Peserta Pemilu Turut Kawal Pemutakhiran Data Pemilih

Senin, 05 Juni 2023, 22:40 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bawaslu Sumbar Dorong Peserta Pemilu Turut Kawal Pemutakhiran Data Pemilih
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Muhammad Khadafi memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap dalam Pemilu 2024, di Padang, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (5/6/2023) -- Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Muhammad Khadafi mengatakan, hal yang jadi perhatian di masa penyusunan daftar pemilih adalah soal informasi yang berkaitan dengan tidak terdatanya seseorang.

Sementara, menurut informasi lain yang diterima Bawaslu, semua variabel kelengkapan agar jadi pemilih sudah ada.

"Menjawab aneka persoalan terkait data pemilih itu, Bawaslu menyediakan berbagai forum pengaduan, seperti posko pengaduan hak pilih dan kawal hak pilih," kata Khadafi pada Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap dalam Pemilu 2024, di Padang, Senin.

Selain itu, lanjut Khadafi, Bawaslu juga mendorong Partai Politik (Parpol), selaku pengguna data pemilih, lebih intens melakukan pengawasan terhadap masyarakat (calon pemilih).

Baca juga: Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi Simbol Deklarasi Kampung Pengawasan Partisipatif Bawaslu Agam

Parpol, menurut Khadafi, harus memastikan apakah masyarakat tersebut sudah terdata atau belum, karena jika belum terdata tentu tidak bisa memilih.

"Walaupun nantinya warga tersebut tetap bisa memilih setelah lewat jam 12.00 dengan menggunakan KTP, tapi tidak bisa ikut memilih di awal waktu seperti yang lain," tambah Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sumbar ini.

Rencananya, kata Khadafi, Bawaslu akan membuat forum dengan para peserta Pemilu, agar para peserta lebih intens, lebih fokus memperhatikan pemutakhiran data pemilih. (vri)

Baca juga: Bawaslu Tanah Datar Gelar Rakor Pengawasan DPTb dan DPK, Ini Arahan Muhammad Khadafi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: