Bawaslu Sumbar Resmikan Nagari Salareh Aia Barat jadi Kampung Pengawasan Partisipatif

Sabtu, 19 Oktober 2024, 22:51 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bawaslu Sumbar Resmikan Nagari Salareh Aia Barat jadi Kampung Pengawasan Partisipatif
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi (berbatik) meresmikan lapau atau warung pengawasan partisipatif di Nagari Salareh Aia Barat, Sabtu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (19/10/2024) -- Bawaslu Sumbar tetapkan Nagari Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan jadi kampung pengawas partisipasitif pada Pilkada serentak 2024.

"Pengawasan partisipatif merupakan kunci dalam menciptakan pemilu yang berintegritas. Dengan adanya kampung pengawasan ini, kita harapkan masyarakat semakin proaktif dalam mengawasi setiap tahapan pemilu," ungkap Sekda Agam, Edi Busti.

Hal itu dikatakan Edi Busti saat mewakili Pjs Bupati Agam, pada kegiatan sosialisasi sekaligus peresmian Kampung Pengawas Pemilihan Kabupaten Agam, di Halaman Kantor Walinagari Salareh Aia Barat, Sabtu.

Pencanangan kampung pengawasan itu ditandai dengan pemukulan tambua dan penandatanganan deklarasi oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi, Sekda Agam, Edi Busti, Ketua Bawaslu Agam, Suhendra dan lainnya.

Baca juga: Pjs Bupati Agam Bicarakan Netralitas ASN dengan Bawaslu, Ini Permintaan Suhendra

Usai pencanangan itu, dilanjutkan meresmikan lapau atau warung pengawasan partisipatif di Nagari Salareh Aia Barat.

Dalam sambutannya, Edi Busti menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam mengawal proses demokrasi yang sehat dan bersih.

Dia berharap, ada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan terhadap setiap proses pemilihan umum, demi menjaga keadilan dan transparansi di setiap tahapan pemilu.

Sosialisasi ini, tambahnya, juga melibatkan berbagai elemen masyarakat dan diharapkan menjadi awal yang baik dalam menciptakan kampung yang berperan aktif dalam pengawasan pemilu di tingkat lokal.

Baca juga: DPT Pilgub 2024 Sumbar Berkurang 8.045 dari DPS, Bawaslu Ditemukan Anggota TNI Aktif jadi Pemilih

Sementara itu, Ketua Bawaslu Agam, Suhendra mengatakan, kampung pengawasan partisipatif diharapkan sebagai wadah masyarakat agar meningkatkan partisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024