Kementerian Kesehatan Ghana Kunjungi Pabrik Bio Farma, Ini yang Dipelajari

Kamis, 25 Mei 2023, 10:35 WIB | Bisnis | Nasional
Kementerian Kesehatan Ghana Kunjungi Pabrik Bio Farma, Ini yang Dipelajari
Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indrianti jelaskan kondisi produksi vaksin pada delegasi Deputi Chief Health Planner GHS, Sophia Kesewa Ampofo Kusi, bersama 6 staf di Bandung, Jawa Barat, 17 Mei 2023. (humas)

BANDUNG (25/6/2023) - Kementerian Kesehatan Ghana (Ghana Health Service/GHS) kunjungi pabrik Biofarma di Bandung, 17 Mei 2023 lalu, dalam rangka program International Study to Health Instutions of Excellence in Immunization.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari sistem dan best practices di Indonesia, dalam menjalankan program imunisasi sekaligus penjajakan potensi kerjasama bidang kesehatan antar kedua negara.

"Saya sangat senang menerima kunjungan dari delegasi Ghana Health Service, untuk dapat berbagi pengalaman kami mulai dari manajemen, distribusi dan proses penyimpanan vaksin di Bio Farma," ungkap Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indrianti, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis.

Bersama Yuliana, ikut melakukan penyambutan, Direktur Operasi Biofarma, Rahman Roestan. Sedangkan delegasi Kementerian Kesehatan Ghana, hadir Deputi Chief Health Planner GHS, Sophia Kesewa Ampofo Kusi, bersama 6 staf.

Juga hadir Direktur Pengelolaan Imunisasi, Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr Prima Yosephine.

Sementara, Direktur Operasi Biofarma, Rahman Roestan menyampaikan, Indonesia perlu memperkuat kolaborasi antar negara. "Melalui kunjungan ini kita dapat menjalin potensi kerjasama antar negara dan berbagi perspektif dari negara lain agar bisa mendukung diplomasi kesehatan global," terangnya.

"Kami sangat senang, bisa berbagi informasi pada delegasi Kementerian Kesehatan Ghana," tambah Rahman.

Deputi Chief Health Planner GHS, Sophia Kesewa Ampofo Kusi menyampaikan rasa terima kasih pada Biofarma, atas penerimaan dan kesempatan untuk berdiskusi mengenai industri vaksin.

"Kami sangat senang bisa berada di sini untuk berdiskusi dan melihat fasilitas yang ada. Kesempatan kali ini, saya berharap, dapat memperoleh beberapa konsep baru dan beberapa rekan untuk menanyakan beberapa hal mengenai manajemen vaksin dan fasilitas di Biofarma," ungkap Sophia.

"Ini adalah kunci untuk melihat bagaimana Biofarma bekerja khususnya pada transformasi kesehatan yang juga dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan layanan kesehatan di Ghana," papar Sophia. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: