Bupati Mentawai: Warga Mesti Selalu Waspada Gempa

Selasa, 25 April 2023, 19:41 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Bupati Mentawai: Warga Mesti Selalu Waspada Gempa
Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan.

MENTAWAI (25/4/2023) - Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa 7.3 SR yang kemudian dimutakhirkan jadi 6.9 SR pada Selasa dini hari, pukul 03.00 WIB tadi.

"Walau status peringatan bahaya tsunami oleh BMKG dinyatakan telah berakhir, kita tetap mengharapkan warga di daerah rawan selalu meningkatkan kewaspadaan," ungkap Martinus Dahlan, Selasa siang.

Selain itu, harap dia, warga juga selalu memedomani prosedur tetap (Protap) evakuasi mandiri jika terdapat gempa dengan intensitas kuat.

"Kuncinya tetap waspada. Artinya, jika ada gempa susulan, selalu siap sedia untuk evakuasi ke tempat aman, yang lokasinya telah ditetapkan di masing-masing kawasan yang dianggap rawan," ungkap dia.

Baca juga: Sekda Mentawai: Jaga Netralitas ASN Selama Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

"Daerah kita ini memang rawan bencana. Jadi, kewaspadaan terhadap gempa dengan intensitas kuat serta gempa susulan yang mungkin terjadi setelah itu, harus terus dipahami masyarakat dengan baik," tambahnya.

Dikatakan, informasi terbaru dari camat, warga yang mengungsi di tempat pengungsian, sebagian juga telah turun kembali ke rumah masing-masing. Sebagian masih bertahan karena faktor adanya anak-anak dan orang yang alami sakit.

Saat ini, terang Martinus, dirinya telah memerintahkan camat hingga kepala desa, untuk mendata ulang kemungkinan adanya korban terdampak gempa di daerahnya masing-masing.

"Seandainya nanti ada bantuan dari pemerintah, data calon penerimanya telah valid," ungkap Martinus Dahlan. (dni)

Baca juga: Perkuat Ketahanan Pangan bagian dari Pengurangan Resiko Bencana

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: