HARDIKNAS 2023: Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Selasa, 02 Mei 2023, 13:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
HARDIKNAS 2023: Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar
Bupati Pessel Rusma Yul Anwar foto bersama Forkopimda, Pimpinan Bank Nagari Painan, Kepala OPD, Kepala Sekolah di lingkungan Setkap dan Siswa - Siswi se Pessel, usai upacara Hari Pendidikan Nasional 2023 dan Hari Otonomi Daerah ke 27 di lapangan Gor H Il

Yang mana membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik, agar mampu mencapai keselamatan, dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, sebagai manusia dan anggota masyarakat.

"Anak-anak kita sekarang, bisa belajar lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran merdeka, dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi, dan berkarya, dengan hadirnya platform merdeka belajar," paparnya.

Baca juga: PESSEL Miliki Varietas Durian Lokal yang Dinamai Durian Ponger

Guru -- guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, lanjut dia, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas, dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran mendalam, untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi, Negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar, ucapnya.

Pada jenjang Perguruan Tinggi, adik-adik mahasiswa/i yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana, mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus, dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: