Awali tahun 2023 dengan EBITDA tumbuh 2X Pendapatan: Kinerja Indosat Melesat Tumbuh Dua Digit pada Kuartal I 2023

Jumat, 28 April 2023, 19:40 WIB | Bisnis | Nasional
Awali tahun 2023 dengan EBITDA tumbuh 2X Pendapatan: Kinerja Indosat Melesat Tumbuh Dua...
Ilustrasi.

"Eksekusi strategi Go-to-Market kami yang tepat menjadi pendorong utama pertumbuhan kami. Berbagai pencapaian positif di sepanjang kuartal ini, termasuk penyelesaian integrasi jaringan kami, akan mempercepat pertumbuhan transformasi digital Indonesia," terang Vikram dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dikatakan, pencapaian ini hanya bisa terwujud melalui kolaborasi dengan para mitra strategis. "Ini baru sebuah permulaan. Terima kasih kepada semua pelanggan dan pemegang saham kami atas dukungan dan kepercayaan yang tanpa henti kepada Indosat," tukasnya.

Dari sisi operasional, basis pelanggan Indosat berhasil meningkat 3,9 juta mencapai 98,5 juta pelanggan pada kuartal pertama 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: Indosat Sumatera Gelar Undian BeRLimPah, Hadiahnya Mobil, Motor dan Handphone

Tercatat pengguna data 4G bertambah 5,1 juta YoY menjadi 73,4 juta pengguna.

Pencapaian ini diperkuat oleh pertumbuhan pelanggan berkualitas yang menghasilkan peningkatan Pendapatan Rata-rata Per Pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) gabungan pada kuartal pertama tahun 2023 yang mencapai Rp32,9 ribu, naik dari Rp32,0 ribu pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan basis pelanggan berkualitas yang semakin berkembang, lalu lintas data mengalami kenaikan 17,3% YoY pada kuartal pertama 2023 menjadi 3.375,7 Petabyte (PB).

Bersamaan dengan itu, Indosat semakin memperluas infrastruktur jaringannya ke seluruh Tanah Air dengan jumlah BTS 4G yang bertambah 26,7% YoY menjadi 152 ribu BTS 4G untuk melayani trafik data yang terus tumbuh pesat.

Pada kuartal pertama 2023 ini tercatat penyerapan Capital Expenditure (CAPEX) meningkat 2,9% YoY menjadi Rp2.443,3 miliar.

Sekitar 91,4% dari CAPEX tersebut dialokasikan untuk memperkuat bisnis selular dan mendukung permintaan layanan data yang semakin tinggi, sedangkan sisanya dialokasikan untuk pengembangan MIDI, infrastruktur, dan IT.

Di akhir Maret lalu Indosat telah berhasil mencapai 100% dalam mengintegrasikan jaringannya menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: