Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Bawaslu Sumbar Layangkan 1447 Peringatan Tertulis

Senin, 17 April 2023, 21:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Bawaslu Sumbar Layangkan 1447 Peringatan Tertulis
Ketua Bawaslu Sumbar, Alni bersama Muhammad Khadafi (anggota Bawaslu Sumbar), memberikan keterangan pers tentang hasil pengawasan daftar pemilih sementara tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 di Padang, Senin sore. (mangindo kayo)

PADANG (17/4/2024) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat melayangkan 1.447 peringatan tertulis selama tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024.

"Bawaslu se-Sumbar juga memberikan 17 saran perbaikan, yang diserahkan secara tertulis ke KPU, 14 April 2023 lalu," ungkap Anggota Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi di Padang, Senin sore.

Data itu disampaikan Khadafi pada konfrensi pers hasil pengawasan daftar pemilih sementara tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024. Hadir, Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, Karnalis Kamarudin (Sekretaris Bawaslu Sumbar), Roza Molina (Kabag Humas) dan sejumlah staf.

Selain itu, ungkap Khadafi, personel Bawaslu mulai dari tingkatan pengawas desa/kelurahan hingga provinsi, telah melayangkan 1.147 kali peringatan secara langsung.

Baca juga: Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi Simbol Deklarasi Kampung Pengawasan Partisipatif Bawaslu Agam

"Peringatan langsung ini merupakan bentuk tindakan pencegahan preemptif dari Bawaslu yaitu saran perbaikan yang disampaikan saat proses pemutakhiran pemilih tengah berlangsung," ungkap Khadafi.

Agar pendataan pemilih ini maksimal, ungkap Khadafi, Bawaslu hinga badan adhoc se-Sumatera Barat, juga membuat posko pengaduan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga provinsi.

Berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan KPU Sumatera Barat, jumlah Pemilih di Provinsi Sumatera Barat (19 KabupatenKota) adalah 4.109.235 pemilih.

"Dari rekapitulasi DPS yang dilakukan KPU Sumatera Barat itu, terdapat sebanyak 1.096.539 pemilih baru," ungkapnya.

Baca juga: Bawaslu Tanah Datar Gelar Rakor Pengawasan DPTb dan DPK, Ini Arahan Muhammad Khadafi

Rinciannya, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 2.038.652 dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 2.070.583. Mereka nanti akan menggunakan hak pilihnya pada 17.560 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: