Liputan Khusus: Dibawah Kepemimpinan Erman Safar, Perseroda BPRS Jam Gadang Tuai Prestasi

Jumat, 07 April 2023, 17:33 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Liputan Khusus: Dibawah Kepemimpinan Erman Safar, Perseroda BPRS Jam Gadang Tuai Prestasi
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Feri Irawan (Direktur Utama BPRS Jam Gadang (Perseroda) usai menerima penghargaan Top BUMD Award 2023 di Jakarta, Rabu. (humas)

Prestasi ini semakin lengkap karena 2 kategori pengharagaan lain yang diberikan dalam ajang Top BUMD Award ini juga berhasil diraih yakni Top Pembina BUMD dan Top CEO BUMD yang masing-masing diberikan kepada H. Erman Syafar dan Feri Irawan.

Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.

Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Baca juga: Tabungan Utsman Antarkan Erman Safar dan BPRS Jam Gadang Borong Penghargaan Nasional

Kegiatan Top BUMD Awards diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis.

Seperti, Lembaga Kajian Nawacita (LKN), SGL Manajement, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate dan Solusi Kinerja Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung dengan melibatkan Dewan Juri sekitar 10 Profesor yang diketuai Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA serta beberapa doktor, para praktisi dan konsultan bisnis.

4 Kriteria Penilaian Dewan Juri Top BUMD Awards:

  • 1. Pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan (Achievement)
  • 2. Terus melakukan perbaikan (Improvement /Inovasi)
  • 3. Berkontribusi besar dalam pembangunan daerah
  • 4. Memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis dimasa Pandemi / Kenormalan Baru

Sesuai dengan semangat para ninik mamak dan tokoh-tokoh masyarakat serta Pemerintah Kota Bukittinggi pada saat mendirikan BPR Jam Gadang pada tahun 2006 yang lalu, maka telah ditetapkan visi BPRS Jam Gadang yakni "Menjadikan BPRS yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahtaraan umat dengan prinsip keadilan dan kebenaran untuk mendukung Kota Bukittinggi sebagai kota perdagangan dan jasa, pariwisata, pelayanan kesehatan dan pendidikan."

Untuk mewujudkan visi tersebut, salah satu terobosan dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Bukitttinggi dengan dengan PT. BPRS Jam Gadang (Perseroda), dalam rangka pemulihan ekonomi nasional khususnya di Kota Bukittinggi, serta untuk meningkatkan ekonomi para pelaku usaha mikro sebagaimana telah dicantumkan dalam salah satu Visi dan Misi Pemerintah Kota Bukittinggi yakni menjadikan Kota Bukittinggi "HEBAT" dalam sektor ekonomi.

Maka, sejak tahun 2022 telah diluncurkan Program Subsidi Bunga (margin) untuk para pelaku usaha mikro yang ditanggung 100% oleh Pemerintah daerah dengan nama Program "Tabungan Utsman." Dengan kata lain, program program pembiayaan melalui Tabungan Utsman ini tidak ada dikenakan margin kepada nasabah atau sebesar "0%".

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: