Musrenbang RKPD 2024, Ini Enam Arahan Penting Wabup Agam

Selasa, 21 Maret 2023, 10:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Musrenbang RKPD 2024, Ini Enam Arahan Penting Wabup Agam
Wakil Bupati Agam, Andri Warman memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024, di Lubukbasung, Senin. (humas)

AGAM (20/3/2023) - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri menekankan, setidaknya terdapat enam poin penting yang mesti terakomodir dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, baik dalam bentuk program kegiatan ataupun dukungan moril serta semangat kebersamaan.

"Enam poin tersebut mulai dari upaya percepatan penurunan stunting hingga peningkatan akuntabilitas pemerintah daerah," ungkap Irwan Fikri saat memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024, di Lubukbasung, Senin.

Pertama, percepatan penurunan stunting. Dia memastikan, program yang dirancang dalam rencana aksi percepatan penurunan stunting harus masuk dalam dokumen perencanaan tahunan daerah.

Menurutnya, penanganan stunting perlu mendapatkan porsi anggaran yang cukup, karena Agam mempunyai target prevalensi stunting di bawah angka 10 persen.

Baca juga: Ketua TPPS Agam Tinjau Bayi Stunting di Jorong I Siguhung

Lebih lanjut disampaikan, percepatan penurunan stunting membutuhkan kolaborasi program kegiatan perangkat daerah terkait.

Sehingga, Irwan Fikri mengingatkan perangkat daerah terkait, untuk serius menangani persoalan stunting di Agam yang berada posisi tiga terbesar di Sumatera Barat.

"Akses masyarakat terhadap sanitasi dan air minum yang layak, akses pelayanan kesehatan serta akses pangan gizi yang cukup dan aman," tuturnya.

Kedua, peningkatan ekonomi daerah, Irwan Fikri mengharapkan laju pertumbuhan ekonomi Agam yang baik pada 2022 yakni di angka 4,21 persen tetap dipertahankan.

Baca juga: Ini Bocoran Andri Warman Terkait Penyebab Mundurnya Irwan Fikri dari Kursi Wakil Bupati

Pasalnya, RPJMD mengamanatkan pertumbuhan ekonomi Agam 2024 harus berada pada angka 4,57 persen.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: