Musrenbang RKPD 2024, Ini Enam Arahan Penting Wabup Agam

Selasa, 21 Maret 2023, 10:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Musrenbang RKPD 2024, Ini Enam Arahan Penting Wabup Agam
Wakil Bupati Agam, Andri Warman memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024, di Lubukbasung, Senin. (humas)

Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini, lanjutnya, akan dicapai melalui prioritas pada sektor basis yaitu pertanian, usaha mikro dan pariwisata.

Hal ini, menurutnya, perlu didukung oleh infrastruktur yang baik, peningkatan konektivitas antar kawasan sentra, serta peningkatan prasarana wilayah dan sumber daya ekonomi lainnya.

"Saya harapkan kolaborasi tiga sektor ini agar dirancang dengan baik," sebutnya.

Baca juga: Wakil Bupati Agam Mundur, Arifki: Momen Pembuktian untuk Andri Warman

Harapan yang lebih besar untuk dicapai, kata dia, yakni menurunkan angka kemiskinan dari 6,22 persen pada 2022 menuju di bawah 5 persen, utamanya membebaskan Kabupaten Agam dari kemiskinan ekstrem yang masih ada.

Selanjutnya meningkatkan peluang berusaha dan bekerja bagi angkatan kerja serta meningkatkan realisasi investasi.

"Target persentase pengangguran terbuka Tahun 2024 adalah 4,02 persen sementara capaian tahun 2022 berada pada angka 4,93 persen," ungkapnya.

Ketiga, peningkatan sumber daya manusia. Dipaparkan, capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Agam 2022 yaitu 73,29 atau sudah berada pada kategori tinggi.

Pihaknya terus berupaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia karena target IPM 2024 adalah 75,02.

"Untuk itu kembali saya ingatkan bahwa pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan tetap menjadi prioritas karena terkait juga dengan pemenuhan standar pelayanan minimal," ucapnya.

Di samping bidang pendidikan dan kesehatan, menurutnya, yang tidak kalah penting menjadi perhatian adalah pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan atau keluarga serta perlindungan sosial dan perlindungan anak.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: