Pemeringkatan KIP, Sondri: 34 Badan Publik Masuki Penilaian Tahap II

Jumat, 13 November 2015, 17:04 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pemeringkatan KIP, Sondri: 34 Badan Publik Masuki Penilaian Tahap II
Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemeringkatan KIP, Sondri didampingi Syamsu Rizal (ketua KI Sumbar) dan Arfitriati (wakil ketua KI Sumbar), saat jumpa pers tentang hasil penilaian pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahap I, Jumat (13/11/2015).

VALORAnews - Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang digelar Komisi Informasi (KI) Povinsi Sumbar, memasuki penilaian tahap dua. Prinsip pemeringkatan KIP ini, adalah transparansi, akuntabel dan siap disanggah.

"Dari 83 badan publik yang dinilai berdasarkan isian kuisioner dan telusuri web badan publik tersebut, kita sudah mendapatkan badan publik masuk nominasi pemeringkatan KIP," ujar Ketua KI Sumbar, Syamsu Rizal didampingi Arfitriati (wakil ketua) dan dua komisioner Sondri dan Adrian, pada jumpa pers yang digelar Jumat (13/11/2015) di kantor KI Sumbar, Jalan Sawo, Purus V, Padang.

Dijelaskan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemeringkatan KIP, Sondri pemeringkatan ini dijamin tidak ada titipan dan intervensi. "Program ini murni dan siap dipertanggungjawabkan," tegas Sondri.

Dari 83 Badan Publik yang disasar penilaiannya, ada 34 Badan Publik yang memperoleh nilai tertinggi dari kuisioner dan web resminya. Sehingga, berhak untuk dilakukan penilaian tahap kedua, dengan cara visitasi.

Baca juga: 5 Komisioner KI Sumbar Dilantik, Gubernur Ingatkan Soal Disinformasi dan Missinformasi

"Ke-34 badan publik itu, akan dilakukan visitasi untuk menilai kejujuran dari badan publik itu. Apakah kusioner dan websitenya sesuai dengan fakta dan realita," ujar Sondri.

Sesuai cluster penilaian pemeringkatan KIP, maka Pokja telah menyampaikannya dalam pleno KI Sumbar pada Kamis (12/11/2015) siang. Cluster badan publik pemerintah kota dan kabupaten yaitu, Agam, Dharmasraya, Limapuluh Kota, Padangpanjang, Padangpariaman, Pasaman, Payakumbuh, Pesisir Selatan dan Tanahdatar.

Cluster SKPD/Rumah Sakit: Balai Diklat, Badan Ketahanan Pangan, Bapedalda, Bappeda, Biro Humas, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pengelola Keuangan Daerah, Dishubkominfo, KPU Sumbar dan RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi.

Cluster BUMD: Balairung Citra Jaya, PDAM Padang, PDAM Padangpanjang, PDAM Pasaman, PDAM Tanahdatar. Badan Publik Partai Politik: PBB, Gerindra, Nasdem dan PDI Perjuangan. Terakhir cluster PTS/PTN : Diniyah Puteri, IAIN Imam Bonjol, Politeknik Negeri Padang, Unand dan UBH.

Baca juga: DPRD Sumbar Umumkan 5 Anggota Komisi Informasi Terpilih, 3 Orang Alumni Ilmu Politik FISIP Unand

"Selanjutnya, tahapan visitasi direncanakan mulai 16-30 November 2015. Jadwal kunjungan disampaikan ke badan publik yang masuk nominasi, tanpa menentukan hari H dan jam visitasi kita," ujar Sondri. (cr2)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: