KPID Sumbar: Berikan Informasi yang Benar tentang Stunting

Jumat, 24 Februari 2023, 18:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
KPID Sumbar: Berikan Informasi yang Benar tentang Stunting
Koordinator Bidang Isi Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat, Ficky Tri Saputra dialong tentang stunting dengan Kepala DP3AP2KB Padang, Eri Sendjaya, Jumat. (humas)

PADANG (24/2/2023) - Koordinator Bidang Isi Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat, Ficky Tri Saputra menilai, penurunan angka stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab bersama termasuk lembaga penyiaran.

"Kami minta, lembaga penyiaran ikut berperan menginformasikan penanganan stunting," harap Ficky dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat.

Dikatakan Ficky, Sumbar masih dihadapkan dengan masalah gizi buruk dan stunting. Stunting ditandai dengan pertumbuhan kurang optimal sesuai dengan usianya.

Terkait permasalahan tersebut, terang dia, setiap lembaga penyiaran diharapkan ikut mengampanyekan stunting dan gizi buruk pada setiap pemirsa dan pendengarnya. Mulai dari pencegahan hingga apa yang harus dilakukan apabila terdapat anggota keluarga yang masuk kedalam kategori stunting.

Baca juga: Generasi Stunting akan Bebani Negara, Ini Langkah Antisipasi Pemkab Agam

"Lembaga penyiaran juga minta pejabat berwenang mulai dari kepala daerah baik itu gubernur hingga bupati dan wali kota serta kepala dinas kesehatan, memberikan informasi yang benar tentang stunting itu sendiri," ujar Ficky.

Manfaatkan Aplikasi Elsimil

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Padang, Eri Sendjaya menambahkan, saat ini pemerintah terus menggalakkan program pencegahan stunting, dengan melahirkan berbagai inovasi dan program. Salah satunya, "Gerakan 1000 Telur" yang dicanangkan oleh salah satu Kecamatan di kota Padang.

Eri Sendjaya mengatakan, agar terminimalisir potensi anak stunting, pertumbuhan janin sejak di dalam kandungan harus diperhatikan.

Baca juga: Angka Stunting Pasbar Ditargetkan Turun 14 Persen di Tahun 2024

"Ibu-ibu hamil konsumsilah makan bergizi, penuhi protein hewani, agar pertumbuhan anak ideal. Kemudian untuk pencegahan, kita imbau calon pengantin agar menyiapkan kondisi ideal untuk hamil dan melahirkan," ungkap Eri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: