Istana Basa Pagaruyung jadi Saksi Kerjasama Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do

Minggu, 19 Februari 2023, 16:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Istana Basa Pagaruyung jadi Saksi Kerjasama Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do
Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Bachril Bakri.

TANAH DATAR (17/2/2023) - Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Bachril Bakri mengatakan, pemerintah pusat sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do, Korea Selatan.

"Korea Selatan merupakan negara sahabat, yang memiliki arti penting, baik bagi kepentingan nasional maupun kepentingan regional. Saya sangat senang melihat perkembangan hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan yang semakin kuat dan meningkat di berbagai sektor," ungkap Bachril saat Penandatanganan Letter Of Intent (LoI) Kerjasama di Istano Basa Pagaruyung, Jumat.

Disampaikan Bachril, salah satu sektor potensial yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan kerjasama ini adalah Pariwisata. Korea Selatan secara umum merupakan target pasar yang potensial bagi pariwisata Provinsi Sumatera Barat, begitupun sebaliknya.

Mengingat, pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang devisa terbesar. "Pariwisata memiliki efek multiplier dalam menggerakan pembangunan dan sektor lainnya, sehingga perlu digiatkan secara keberlanjutan," sambung Bachril.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Bachril yang juga merupakan putra asli Tanah Datar juga mengatakan, selain pariwisata, kerjasama ini juga bisa menyasar sektor pengembangan sumber daya manusia.

"Saya harap kerjasama ini dapat meningkatkan kapasitas ASN di Provinsi Sumatera Barat, serta generasi muda Provinsi Sumatera Barat melalui program-program beasiswa, shortcourse dan lain sebagainya," ungkap dia.

"Agar, dapat memberikan manfaat yang baik tehadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Barat," tambah dia.

Kementerian Dalam Negeri mengharapkan, kebermanfaatan kerjasama ini dapat dilangsungkan dengan sebaik-baiknya, serta hasil kerja sama diharapkan dapat memberikan langkah nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan kedua kota.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Cupak Solok, Suwirpen: Awasi Generasi Muda dari Pengaruh Narkotika

"Kerjasama ini juga diharapkan dapat membuka akses pasar baru di berbagai sektor dan yang paling penting agar kerja sama ini terjamin keberlanjutannya, serta tidak terbatas pada kegiatan seremonial belaka," jelas Bachril.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: