Istana Basa Pagaruyung jadi Saksi Kerjasama Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do

Minggu, 19 Februari 2023, 16:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Istana Basa Pagaruyung jadi Saksi Kerjasama Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do
Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Bachril Bakri.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, Provinsi Jeollabuk-do yang kaya budaya, sejarah, sumber daya alam yang luar biasa, memiliki banyak kesamaan dengan Sumatera Barat seperti berhadapan langsung dengan laut lepas.

Jeollabuk-do sebelah baratnya Laut Kuning dan Sumatera Barat berhadapan dengan Samudera Hindia.

"Kita sama-sama daerah penghasil padi, sepertiga wilayah Jeollabuk-do merupakan dataran Honam yang dikenal lumbung padi terbesar di Korea Selatan, sama halnya dengan Sumatera Barat salah satu penghasil padi terbesar di Pulau Sumatera dengan produksi padi mencapai 1,43 juta ton pada tahun 2022 lalu," ucapnya.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Mahyeldi menyebut, Jeollabuk-do ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Kota Gastronomi dunia, dan di Sumatera Barat masakan rendang salah satu makanan didapuk sebagai one of the word's must try delicacies.

"Banyak kesamaan karakteristik kedua daerah, dan itu juga menjadi salah satu dasar untuk bekerja sama yang akan berkontribusi positif pada banyak sektor seperti pembangunan, perdagangan, pertanian, investasi, pariwisata, budaya, pendidikan dan lainnya secara resiprokal atau timbal balik," ujarnya.

Turut hadir saat penanda tanganan tersebut Direktur Kerjasama Luar/Eksternal Provinsi Jeollabuk-do Mr. Song Ju Sub, Tenaga Ahli/Penasehat untuk Kerjasama Internasional Prov. Jeollabuk-do Mrs. Kim Eje.

Kemudian, Wakil Bupati Padang Pariaman, Kepala OPD Pemprov Sumbar, Kepala OPD Pemkab Tanah Datar, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Bundo Raudah Thaib dan undangan lainnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: