Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Perius Sabagalet: Hati-hati Bermedsos

Selasa, 14 Februari 2023, 17:11 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Perius Sabagalet: Hati-hati Bermedsos
Ketua Bawaslu Kepulauan Mentawai, Perius Sabagalet saat apel "Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024," di Aula Homestay kawasan wisata Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa. (humas)

MENTAWAI (14/2/2023) - Ketua Bawaslu Kepulauan Mentawai, Perius Sabagalet mengajak seluruh jajaran pengawasan di setiap tingkatan, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi meningkatkan sinergisitas. Selain itu, juga secara berkelanjutan melakukan peningkatan kapasitas.

"Bawaslu RI telah menginstruksikan, untuk melaksanakan pengawasan melekat di setiap tahapan pemilu 2024. Selain itu, juga meningkatan pengawasan partisipatif seluruh elemen-elemen yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai sehingga pemilu yang damai, jujur dan adil terlaksana," ungkap Perius Sabagalet di Mapadegat, Selasa.

Berdasarkan Surat Instruksi Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023, perihal siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar "Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024."

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Homestay kawasan wisata Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Raih Penghargaan Kehumasan Terbaik Tingkat Provinsi pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Dia mengharapkan, dalam melaksanakan seluruh tahapan-tahapan Pemilu 2024, berjalan dengan baik, semua elemen yang berkepentingan, stakeholder, seluruh jajaran pengawas pemilu dapat melaksanakan tugas-tugas sebagaimana dengan perundang-undangan.

Dikatakan, dalam sebuah konteks pemakaian sistem aplikasi "Jarimu Awasi pemilu 2024" di luncurkan Bawaslu RI, artinya jari ini bisa berbahaya bila disalahgunakan.

"Berhati-hatilah ketika ber-medsos, netralitas harus dijaga dan siap menyukseskan pemilu," kata Perius.

Ia mengatakan, saat ini Posko kawal hak pilih dilaksanakan juga Bawaslu RI. Artinya, saat ini jajaran KPU sedang melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: PILKADA 2024, Bawaslu Pessel: Awasi Secara Melekat Coklit Data Partarlih

Ia berharap, Bawaslu Mentawai jika pendaftar pemilih datanya tidak lengkap dapat melaporkan ke jajaran Pengawas Pemilu yang ada di wilayah masing masing sesuai tingkatannya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: