Rakerwil DPW APKESMI Sumbar, Kesejahteraan Nakes jadi Pembahasan

Minggu, 05 Februari 2023, 15:02 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rakerwil DPW APKESMI Sumbar, Kesejahteraan Nakes jadi Pembahasan
Ketua DPW APKESMI Sumbar, dr Winanda memberikan sambutan pada kegiatan Rakerwil APKESMI, Sabtu. (veri rikiyanti)

PADANG (4/2/2023) -- Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr Lila Yanwar berharap, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) Sumatera Barat, mampu mewujudkan peningkatan pelayanan masyarakat dan terus menjaga kolaborasi dengan pihak manapun.

"APKESMI harus peka terhadap isu strategis yang menjadi perhatian bersama, seperti kesejahteraan tenaga kesehatan (Nakes)," ungkap dr Lila Anwar dalam sambutannya yang dibacakan drg Abdullah Mardanus, saat membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW APKESMI Sumbar Tahun 2023, di Padang, Sabtu.

Selain itu, dia berharap, APKESMI mampu mendorong seluruh Puskesmas untuk semakin responsif terhadap peningkatan pelayanan masyarakat, di samping memberikan sumbangsih pemikiran untuk perbaikan lebih nyata terhadap pemerintah pusat maupun daerah.

Evaluasi Kinerja dan Rencana Kerja

Baca juga: Pasien Kanker Perlukan Asupan Gizi yang Tepat

Ketua DPW APKESMI Sumbar, dr Winanda mengatakan, Rakerwil ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dan capaian program serta menyusun dan mencanangkan rencana program berikutnya.

"Tahun 2022, APKESMI Sumbar telah menyelenggarakan kegiatan berskala nasional yakni Semiloka dan Rakernas yang dihadiri lebih dari 500 orang peserta," kata dr Winanda.

Selain itu, APKESMI juga telah melakukan kunjungan dan menyalurkan bantuan terhadap para petugas puskesmas yang tertimpa musibah bencana alam di Pasaman dan Solok.

Sementara, Ketua Pelaksana Rakerwil, dr Desi Susanti mengatakan, rangkaian kegiatan Rakerwil ini akan diisi dengan membahas rangakaian kerja dan evaluasi sejauh mana pelaksanaan program yang telah dibuat, menyusun program untuk tahun 2023-2024. Agenda ini diikuti dengan kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) kabupaten/kota.

Baca juga: APKESMI Siap Membangun Sumbar di Bidang Kesehatan

Dr Desi berharap, Rakorwil ini dapat meningkatkan managemen Puskesmas dalam menanggulangi masalah kesehatan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: