Pasien Kanker Perlukan Asupan Gizi yang Tepat

Senin, 27 Februari 2023, 06:17 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Pasien Kanker Perlukan Asupan Gizi yang Tepat
Plt Direktur A Yani Women and Children Clinic, dr Winanda MARS berfoto bersama dengan peserta kegiatan Sharing dan Hearing di Rumah Singgah Pasien IZI, Sabtu (25/2/2023). (veri rikiyanto)

PADANG (25/2/2023) - Ketua Yayasan Cahaya Peduli Padang, Dedi Kurnia Putra mengungkapkan, salah satu permasalahan untuk penderita kanker adalah asupan gizi yang paling tepat. Kemudian, bagaimana penderita kanker tersebut bisa mengonsumsinya.

"Pasien kanker yang menjalani proses kemoterapi, kebanyakan akan kehilangan selera makan sehingga sulit untuk memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuhnya," ungkap Dedi pada peringatan Hari Kanker Internasional di Padang, Sabtu.

Iven yang diisi dengan kegiatan edukasi bagi penderita kanker ini, diinisiasi A Yani Women and Children Clinic berkolaborasi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumbar dan Yayasan Cahaya Peduli Padang.

Dikatakan Dedi, edukasi yang disampaikan dalam kesempatan itu, dirinya jadi memahami bagaimana agar para pasien kanker mau makan sehingga asupan gizinya bisa tercukupi. "Ilmu berharga hari ini, juga yang akan kita edukasikan pada keluarga pasien," ucap Dedi.

Baca juga: 2 Pelaku Promosi Situs Judi Online Ditangkap, Dapat Rp250 Ribu Sekali Unggah

Hingga saat ini, kata Dedi, Yayasan Cahaya Peduli Padang mendampingi 192 orang anak penderita kanker. Mereka tidak hanya berasal dari Kota Padang, tapi juga dari berbagai daerah seperti Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Utara.

Target dari Yayasan Cahaya Peduli Padang adalah, bagaimana anak penderita kanker bisa mendapatkan perawatan semestinya dan datang kemoterapi tepat waktu.

Ia juga mengimbau agar orangtua yang memiliki anak penderita kanker untuk segera membawa anak untuk mendapatkan pengobatan.

"Kami dari Yayasan Cahaya Peduli akan memberi pendampingan, biaya pengobatan, bahkan biaya transportasi dari tempat pasien ke rumah sakit," ungkap dia sembari berterima kasih pada A Yani Women and Children Clinic, yang telah menggelar kegiatan guna mengedukasi pasien terkait gizi bagi penderita kanker.

Baca juga: Agam Raih WTP Kesepuluh secara Berturut-turut, Bupati: Tak Banyak Daerah Mampu Seperti Ini

"Untuk tempat tinggal sementara selama proses pengobatan, kami juga menyediakan rumah singgah IZI Padang. Kami akan bantu biaya hidup pasien dan seorang pendampingnya, selama menjalani pengobatan," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: