Distribusi Pupuk Subsidi Terkendala di Tanah Datar, Eka Putra: Apapun Masalnya, Segera Perbaiki

Jumat, 03 Februari 2023, 19:58 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Distribusi Pupuk Subsidi Terkendala di Tanah Datar, Eka Putra: Apapun Masalnya, Segera...
Rapat Koordinasi Penyaluran Pupuk Subsidi di Aula Kantor Bupati Pagaruyung (Prokopim Tanah Datar)

TANAH DATAR (3/2/2023) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengharapkan, penyaluran pupuk subsidi ke petani, lebih tepat sasaran tanpa ada kendala seperti yang terjadi saat ini.

"Kita tidak ingin petani kesulitan memperoleh pupuk subsidi. Apapun kendalanya, pihak terkait agar segera memperbaikinya," kata Eka saat Rapat Koordinasi Penyaluran Pupuk Subsidi di Aula Kantor Bupati Pagaruyung, Jumat.

Dia menyebut, petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi karena belum memperoleh kartu tani.

"Kita mendukung penyaluran pupuk subsidi jika itu lancar, tapi kenyataannya tidak. Maka dari itu, jangan biarkan ini berkepanjangan sehingga merugikan petani," ujar Eka.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Padang, Progres Hari Keempat Capai 60 Persen

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Sri Mulyani mengharapkan, penyaluran pupuk subsidi ini sesuai dengan prinsip tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu.

Ia menyebut, pihaknya sudah menyampaikan usulan tentang penundaan penggunaan kartu tani dalam pendistribusian pupuk subsidi ke Kementerian Pertanian RI dan telah disetujui untuk dilakukan penundaan.

"Kita mengusulkan untuk menunda kartu tani dan membuka aplikasi t-Pubers untuk satu musim tanam, setelahnya akan ditutup. Maka pihak terkait hendaknya dapat memenuhi kewajibannya melengkapi infrastruktur di kios pengecer pupuk subsidi," ujar Sri.

Hadir pada Rakor tersebut, Asisten Ekobag Abdul Hakim, Ketua KPPP Tanah Datar, Produsen PT. Pupuk Indonesia KCP Sumatera Barat Roy Kazelmi, PIC Program Pemerintah Bank Mandiri Area Padang Fitrah Nugraha, Kepala Bagian Perekonomian Masni Yuletri dan tamu undangan lainnya. (irf)

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024, KPU Padang Targetkan Tuntas H-1 Pencoblosan pada 2.681 TPS

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: