Sukseskan F1 Powerboat, Edy Rahmayadi: Perbaiki Jalan Kurang Layak dan Sarana Pendukung

Senin, 30 Januari 2023, 22:55 WIB | Olahraga | Nasional
Sukseskan F1 Powerboat, Edy Rahmayadi: Perbaiki Jalan Kurang Layak dan Sarana Pendukung
Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjadi narasumber Webinar F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba di Hotel JW Marriot, Medan, Senin (30/1). (diskominfo sumut)

MEDAN (30/1/2023) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), untuk segera memperbaiki jalan-jalan yang kurang layak menuju lokasi Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Powerboat (F1H2O) yang akan digelar di Balige, Kabupaten Toba.

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas Sitorus pada Webinar F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, yang dilaksanakan secara daring maupun luring di Medan, Senin.

Gubernur juga telah meminta jajarannya untuk berkoodinasi dengan Pelindo dalam hal pengangkutan logistik seluruh tim balap.

"Gubernur telah berkoordinasi dengan Pelindo karena logistik kapal-kapal (Powerboat) ini turun di Belawan, dan akan diatur Polda Sumut melalui Ditlantas mengawal rangkaian perjalanan boat itu sampai ke lokasi pertandingan," ungkap Ilyas.

Baca juga: 18 Pembalap akan Ikuti Event F1 Powerboat II, Digelar 2-3 Maret di Balige

Menurut Ilyas, perhelatan balap Powerboat terbesar di dunia ini merupakan kesempatan emas. Akan ada ribuan pasang mata akan menyaksikan balapan tersebut. "Untuk itu haruslah kita manfaatkan kesempatan emas ini untuk memperkuat seluruh potensi yang ada di Danau Toba," ujarnya.

Ilyas memaparkan berbagai manfaat yang akan diterima Sumut, khususnya masyarakat di kawasan Danau Toba. Pertama, Penghasilan Asli Daerah (PAD) Sumut dan kabupaten di sekitar Toba akan meningkat. Kedua, tingkat okupansi hotel menjadi 95%. Ada pula peningkatan omset bisnis persewaan kendaraan.

Selanjutnya, pengenalan produk UMKM Sumut. Menciptakan lapangan kerja dengan menyerap tenaga kerja lokal, hingga peningkatan jumlah penumpang pesawat di Bandara Silangit dan Kualanamu.

Ilyas juga menyampaikan, untuk akomodasi hotel, tersedia kurang lebih 1.599 kamar hotel untuk kegiatan ini. Ditambah guest house, homestay dan lainnya.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut Siram Kadiskominfo di Resto, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Dinas Kominfo Sumut sebagai panitia bidang Humas telah melakukan publikasi dan sosialisasi di berbagai media.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: