Kualitas Gerakan Nagari Madani di Agam Terus Membaik, Simak Rinciannya

Minggu, 22 Januari 2023, 06:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kualitas Gerakan Nagari Madani di Agam Terus Membaik, Simak Rinciannya
Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Dari tahun ke tahun sebutnya, setiap nagari terus memperbaiki kekurangan dan kelemahan implementasi gerakan Nagari Madani.

Alhasil raihan skor penerapan gerakan ini oleh nagari-nagari juga mengalami pertumbuhan positif dibandingkan tahun sebelumnya.

Di awal penerapannya, skor penilaian Nagari Madani ini dibagi menjadi lima level, namun seiring perbaikan skor, saat ini hanya menyisakan empat level.

Baca juga: Ada Buaya Muncul di Sekitar SDN 12 Batang Tiku, Ini Arahan Pjs Bupati Agam

"Skor ini gunanya untuk melihat sejauh mana gerakan ini diimplementasikan secara baik oleh nagari. Makin tinggi levelnya, itu artinya skor penilaian yang diraih suatu nagari semakin tinggi pula," terang dia.

Dirinci, nagari yang dikategorikan level II dengan skor 86-110 pada tahun ini hanya 1 nagari dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 10 nagari. Artinya sekitar 90 persen nagari di level II naik ke level selanjutnya pada tahun 2022.

Sedangkan nagari level III dengan skor 111-130 saat ini berjumlah 15 nagari yang tahun sebelumnya sebanyak 26 nagari. Sekitar 42 persen nagari di level III tahun lalu naik ke level selanjutnya di tahun ini.

Lalu nagari yang meraih skor 131-170 atau dikategorikan level IV pada tahun ini bertambah sekitar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini nagari yang mencapai level IV sebanyak 57 nagari.

Sementara itu, nagari yang dikategorikan Level V dengan skor 171-215 berjumlah 9 nagari atau bertambah sebanyak 2 nagari dibandingkan tahun sebelumnya.

Kendati tumbuh positif, Sekda berharap implementasi gerakan Nagari Madani ini sustainable. Kedepan, semua pihak diharapkan terus berkomitmen dalam mewujudkan Agam yang madani.

"Meski skor nagari makin meningkat, bukan berarti gerakan ini selesai. Masyarakat Agam yang madani terus di dorong utk membumi sehingga standar yang akan dicapai juga terus meningkat," jelasnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024