Erupsi Gunung Marapi Hari Ini Semburkan Material Bebatuan, Ini Imbauan Bupati Tanah Datar

Selasa, 10 Januari 2023, 16:36 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Erupsi Gunung Marapi Hari Ini Semburkan Material Bebatuan, Ini Imbauan Bupati Tanah Datar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra berdiskusi dengan Wali Nagari Sungai Jambu, Wilmen, Wali Nagari Sawah Tangah Dedi, dan Camat Pariangan Mulkhairi, di lereng Gunung Marapi, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

TANAH DATAR (10/1/2023) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra turun ke lapangan untuk monitoring dampak yang ditimbulkan oleh erupsi ini, Selasa (10/1/2023).

Ketika ditemui di Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Eka Putra mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah monitoring ke Pos Pemantau Gunung Api di Bukittinggi. Kemudian, juga sudah ke lokasi pertanian yang ada di lereng Marapi.

"Alhamdulillah, suasana masih kondusif, status Marapi masih Waspada Level 2," ujar Eka didampingi Camat Pariangan Mulkhairi dan Wali Nagari Sawah Tangah, Dedi.

Meski begitu, kata Eka Selasa pagi dia dapat laporan, ada erupsi yang lebih besar dari biasa, bahkan sudah melontarkan material.

Baca juga: Iqbal-Amasrul, Hendri-Hidayat dan Fadli-Maigus Sah jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Pilkada Serentak 2024

"Untuk itu, saya mengimbau kepada para pendaki, kepada masyarakat, kepada petani untuk menghentikan dulu aktivitas dengan radius 3 Km dari puncak Marapi," paparnya.

Di sisi lain, Eka Putra menegaskan, dia sudah memerintahkan seluruh OPD terkait untuk mengkaji dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk.

Cek persiapan forum relawan penanggulangan bencana (FRPB) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari. Cek jalur evakuasi.

"Kalau diperlukan, lakukan ronda. Sehingga kalau ada kondisi yang buruk, bisa segera diinformasikan ke masyarakar," paparnya.

Baca juga: Jefri Hariyanto Pimpin Coklit Perdana ke Rumah Ketua KPU Padang 2019-2024

"Nanti siang saya akan memimpin rapat dengan OPD terkait untuk mengantisipasi segala kemungkinan akibat erupsi Marapi ini," imbuh Eka. (rls/vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024