Gunung Marapi Alami 7 Kali Erupsi, Bupati Tanahdatar Imbau Warga Ronda

Minggu, 08 Januari 2023, 10:51 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Gunung Marapi Alami 7 Kali Erupsi, Bupati Tanahdatar Imbau Warga Ronda
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau salah satu jalur pendakian ke Gunung Marapi dari Kabupaten Tanah Datar, pascaerupsi, Sabtu pagi hingga siang kemarin. (humas)

BATUSANGKAR (7/1/2023) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengimbau warga yang tinggal di lereng Gunung Marapi agar senantiasa waspada dan mengadakan ronda malam. Hal ini untuk antisipasi erupsi Gunung Marapi pada Sabtu.

"Semoga erupsinya segera berhenti. Kepada warga kita imbau untuk senantiasa waspada. Kalau diperlukan lakukan ronda malam," ujar Eka Putra melalui release, Sabtu malam.

Di sisi lain, Eka juga meminta OPD terkait menurunkan tim untuk terus memantau kondisi Marapi dan melakukan kajian kondisi terburuk serta melakukan antisipasinya.

"Camat di daerah yang berada di sekitar kawasan Marapi juga segera koordinasi dengan Forkopimca dan pemerintahan nagari. Segera siapkan Satgas PB Nagari dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana," tegas Eka.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Padang, Progres Hari Keempat Capai 60 Persen

Diketahui, berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Marapi sudah terjadi tujuh kali erupsi Gunung Marapi sepanjang 7 Januari 2023.

Letupan erupsi pertama kali diketahui pada 06.11 WIB pagi, lalu yang terakhir ini pada pukul 14.51 WIB.

Saat ini Gunung Marapi berada pada status Level II atau Waspada.

BKSDA mengeluarkan rekomendasi, agar masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan mendekat pada radius tiga kilometer dari puncak. (vri)

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024, KPU Padang Targetkan Tuntas H-1 Pencoblosan pada 2.681 TPS

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: