Ponsel Semua Personel PPK Padang Dilengkapi Aplikasi IKD, Ini Cara Aktivasinya

Kamis, 05 Januari 2023, 19:27 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Ponsel Semua Personel PPK Padang Dilengkapi Aplikasi IKD, Ini Cara Aktivasinya
Ketua KPU Padang Riki Eka Putra bersama Sekretaris KPU Kota Padang Lucky Dharma Yuli Putra dan Kadisdukcapil, Teddy Antonius berfoto bersama seusai aktifasi IKD, Rabu. (vebi rikiyanto)

PADANG (4/1/2023) - Perangkat telepon seluler penyelenggara pemilu di Satker KPU Padang dan 55 orang personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diaktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Kita mengapresiasi program pemerintah melalui Dukcapil terkait IKD. Untuk itu, hari ini kita meminta Dukcapil Padang, memfasilitasi aktivasi IKD ke dalam gawai penyelenggara Pemilu," kata Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra usai pelantikan dan pengambilan sumpah PPK se-Kota Padang, Rabu

Menurut Riki, ia yakin hanya menunggu waktu saja identitas kependudukan akan berkembang dari yang bentuknya konvensional jadi digital.

Ia mengatakan, dengan adanya seluruh penyelenggara pemilu melakukan aktivasi IKD, maka akan dapat membantu Dukcapil dalam menyosialisasikan ke masyarakat. Karena, KPU merupakan lembaga yang sering berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

"Jajaran KPU siap membantu Dukcapil memberitahukan ke masyarakat dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan penyelenggara Pemilu," tambahnya.

Ia berencana, akan kembali menggandeng Dukcapil untuk melakukan aktivasi IKD, kepada para penyelenggara Pemilu di tingkat kelurahan.

Memudahkan Pelaksanaan Tahapan

Kepala Dukcapil Kota Padang, Teddy Antonius mengapresiasi dukungan dan peran serta KPU terhadap pelaksanaan program IKD.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Tuduhan Ijazah Palsu Terbantahkan, It Arman Wajib Lepas dari Segala Tuntutan

"Dengan adanya IKD ini selain berfungsi sebagai tanda identitas, IKD juga membantu petugas pemilu memudahkan untuk pelaksanaan tahapan Pemilu. Karena, di dalam aplikasi IKD ini, juga terdapat kartu pemilih," kata Teddy.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: