Seribuan Pedagang Pasar Raya Fase VII Bakal Direlokasi

Rabu, 23 November 2022, 11:43 WIB | Bisnis | Kota Padang
Seribuan Pedagang Pasar Raya Fase VII Bakal Direlokasi
Wako Padang, Hendri Septa didampingi Andree Algamar (Sekda) dan Forkopimda, meninjau Pasar Raya Fase VII, Selasa. (humas)

PADANG (22/11/2022) -- Pemko Padang mulai bangun relokasi Pasar Raya Padang Fase VII. Seluruh pedagang yang ada di kawasan itu, akan dipindahkan ke penampungan sementara. Sebanyak 288 pedagang kios dan PKL lebih kurang 700-an, akan dipindah ke lokasi baru sampai pembangunannya selesai nanti.

"Semua pedagang di Fase VII ini akan dipindahkan sementara berjualan ke di kawasan Pertokoan IPPI di samping balai kota lama dan juga di Blok II dan Blok III Pasar Raya," ungkap Wako Padang, Hendri Septa saat meninjau Fase VII, Selasa siang.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, telah menyetujui alokasi anggaran sebesar Rp104 miliar untuk pembangunan Fase VII ini. Berdasarkan Detail Engginering Design (DED), Fase VII akan dibangun tiga lantai dengan 1 lantai untuk semi basement.

Tinjauan lapangan bersama unsur Forkopimda ini, ungkap Hendri, meninjau langsung kondisi Pasar Raya Fase VII sekaligus memastikan ketersediaan tempat relokasi sekaligus menyosialisasikan niatan pembangunna ke pedagang.

Baca juga: Relokasi Pedagang Pasar Cik Puan, Pemko Serap Aspirasi Korban Kebakaran

"Kita bersyukur, pedagang menyambut baik dan menyetujui pembangunan ulang Fase VII yang rusak akibat gempa 2009 lalu," ungkap Hendri.

Dikesempatan itu, terlihat pedagang Pasar Raya Fase VII baik pemilik toko dan PKL menyambut baik dan menyetujui upaya revitalisasi tempat mereka berdagang tersebut.

"Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan kita akan buat kesepakatan bersama antara Pemko dengan pedagang. Inti dari kesepakatan itu adalah para pedagang dan PKL yang berjualan di Fase VII ini menyatakan setuju untuk dipindahkan sementara, selama proses pembangunan berlangsung," ungkap Hendri.

"Semua pedagang baik kios dan PKL di Fase VII, saat ini sudah kita catat nama dan tokonya. Mereka semua kita pastikan akan menempati gedung baru Fase VII nantinya. Kita sudah kunci, jadi setelah bangunan ini selesai, tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan," tegas Hendri Septa.

Baca juga: Pasokan Listrik Hambat Pedagang untuk Pindah

Hendri mengungkapkan upaya ini merupakan penantian panjang dan angin segar khususnya bagi pedagang yang berjualan di Fase VII.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: