Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar, Perputaran Uang Capai Rp1 Miliar

Selasa, 27 September 2022, 14:47 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar, Perputaran Uang Capai Rp1 Miliar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra hidupkan api dalam tungku sebagai pertanda Pemerintah Nagari Barulak jadi Nagari Pongek Lapuak sebagai salah satu produk kuliner unggulan dari Nagari Barulak pada Festival Pesona Barulak 2022. (Dok Ladofadoredo)

TANAH DATAR (27/9/2022) - Pemuda-pemudi Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sukses besar menyelenggarakan Festival Pesona Barulak yang perdana digelar pada 24 - 26 September 2022.

Berbagai pertunjukan seni dan budaya mendapat sambutan hangat dari penduduk setempat dan pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah lainnya.

Festival Pesona Barulak 2022 dibuka Bupati Tanah Datar, Eka Putra. Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Ketua PKK, MUSPIDA, Kepala OPD, Anggota DPRD, Camat se-Tanah Datar, tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, dan cadiak pandai se-Kabupaten Tanah Datar.

Pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 digelar di Pusat Pemerintahan Nagari Pokan Sotu, dimeriahkan oleh 30 penari yang mempertunjukkan Tari Galombang.

Baca juga: Gubernur Sumbar Buka TMMD ke120 Tanah Datar, akan Buka Jalan Sepanjang 4,5 Km

Uniknya, pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 turut ditandai dengan menghidupkan tungku Pongek Lapuak oleh Bupati Tanah Datar, serta dilanjutkan dengan Tari Sangkak Buruang yang merupakan 2 produk ekonomi kreatif ikonik dari Nagari Barulak.

"Saya sangat mengapresiasi festival ini, karena mampu dilaksanakan dengan baik dan sangat gebyar oleh masyarakat Barulak," ungkap Eka.

Eka menyatakan, sangat mendukung penuh jika memang niat Pemerintah Nagari Barulak untuk menjadikan Nagari Pongek Lapuak sebagai salah satu produk kuliner unggulan dari Nagari Barulak.

"Semoga nantinya dapat menggerakan perekonomian masyarakat lokal lebih baik serta menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi para turis untuk ke depannya," kata Eka Putra saat menyampaikan pidatonya.

Baca juga: PILKADA 2024: Kian Panas, Birokrat Senior Pemprov Sumbar ikut Berebut Tiket Partai di Pessel

Selain meresmikan acara festival tersebut, Eka Putra dan rombongan juga mengunjungi Jorong Koto Nan Tuo. Di sana, Eka Putra menandatangani prasasti dan pengembalian sejarah dengan peletakan Batu Balai Barundiang yang telah lama hilang sebagai tempat asal muasal Nagari Barulak tersebut.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: