Seminar Budaya Matrilineal BPNB-Satupena: 139 Bahasa Daerah Hilang, Ini Penyebabnya

Sabtu, 10 September 2022, 21:38 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Seminar Budaya Matrilineal BPNB-Satupena: 139 Bahasa Daerah Hilang, Ini Penyebabnya
Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah foto bersama dengan peserta seminar Budaya Matrilineal, di aula Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sumatera Barat, Jalan Raya Belimbing No 16 A Kuranji, Kota Padang, Sabtu.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah mengatakan, budaya matrilineal di Minangkabau ini memang unik. Kabarnya matrilineal ini juga ada pada suku di China dan India. Seiring dengan perkembangan zaman, budaya matrilineal ini juga menghadapi tantangannya.

Untuk itu, juga dibutuhkan budaya literasi sehingga budaya tersebut tetap bertahan. "Dengan kegiatan seminar ini mudah-mudahan semakin memperkuat pengetahuan budaya matrilineal di Minangkabau," kata Syaifullah.

Kepala BPNB, Undri menambahkan, Seminar Budaya Matrilineal ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan Festival Matrilineal pada Desember 2022 dan menjelang pelaksanaan International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang dilaksanakan Satupena Sumbar pada 22-27 Februari 2023 mendatang.

Baca juga: 5 Pekerjaan Bergaji Besar, Tak Perlu Gelar Sarjana, Lulusan SMA Bisa Daftar, Segera Lamar!

Ketua Panitia Seminar,Hasanadi melaporkan, seminar diselenggarakan BPNB bekerjasama dengan Yayasan Satupena dan Yayasan Sako yang peduli dengan budaya Minangkabau. Seminar dihadiri 100-an peserta yang berasal dari Satupena, Yayasan Sako, mahasiswa dan tamu dari Provinsi Aceh. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: