Tips Menanam Cabai di Pekarangan dan Pot, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini

Minggu, 04 September 2022, 14:08 WIB | News | Nasional
Tips Menanam Cabai di Pekarangan dan Pot, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini
Bertanam cabai di polybag di sisa halaman rumah yang belum termanfaatkan.

Tak hanya sinar matahari saja, Anda juga harus memperhatikan drainase yang baik serta penyiraman konsisten. Keuntungan menanam cabai dengan pot yang ditaruh di teras atau balkon rumah, Anda bisa memindahkannya saat hujan lebat. Sehingga hasil yang maksimal lebih didapatkan dengan metode ini.

Kesalahan saat menanam cabai di rumah.

1. Kurang paparan sinar matahari

Kesalahan pertama, yakni penempatan tanaman cabai. Pasalnya, tanaman cabai yang kurang mendapatkan sinar matahari akan tumbuh layu dan mati.

Bibit cabai membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tumbuh kokoh dan sehat. Oleh karena itu, Anda perlu menempatkan tanaman cabai di area yang terkena paparan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda menanam cabai di dalam ruangan, maka bisa menggunakan cahaya buatan untuk menerangi tanaman di malam hari. Saat ini, sudah terjual lampu khusus untuk tanaman agar lebih ekonomis dan mampu menunjang pertumbuhan tanaman.

2. Teknik penyiraman salah

Semakin sering Anda menyiram tanaman cabai, maka hal itu justru menghancurkan pertumbuhan bibit cabai.

Penyiraman menjadi salah satu aspek terpenting untuk menunjang pertumbuhan cabai. Semakin banyak air yang Anda siram, maka semakin hancur pula bibit cabai yang ditanam.

Anda hanya perlu menyiram tanaman 1-2 kali dalam sehari. Pastikan tanah tetap lembap, tetapi tidak basah agar tanaman cabai bisa tumbuh dengan baik.

3. Menanam bibit cabai terlalu dalam

Telah disinggung sebelumnya jika cabai tergolong tanaman yang membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh. Itulah sebabnya, hindari menanam bibit cabai terlalu dalam hingga tidak ada cahaya untuk berkecambah.

Menentukan kedalaman untuk menanam bibit cabai bisa menjadi tantangan tersendiri. Apabila Anda menanam cabai menggunakan paket benih, maka Anda hanya perlu memperhatikan kedalaman penanaman pada kemasannya.

Apabila tidak ada informasi mengenai kedalaman penanaman, maka pastikan benih bersentuhan dengan tanah namun tidak tertutup sepenuhnya.

Tekan tanah dengan lembut untuk membuat permukaan yang kokoh, kemudian taburkan benih di atas tanah dan tekan perlahan. Pastikan benih masih terbuka dan terpapar sinar matahari.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: