RDP dengan PT Semen Indonesia: Produksi Semen Sudah Over Supply, Nevi: Saham di Bursa Efek Menurun di 2021

Kamis, 26 Mei 2022, 18:23 WIB | Bisnis | Nasional
RDP dengan PT Semen Indonesia: Produksi Semen Sudah Over Supply, Nevi: Saham di Bursa...
Anggota Komisi VI DPR RI, Hj Nevi Zuairina.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (25/5/2022) - Anggota Komisi VI DPR RI, Hj Nevi Zuairina meminta, agar holding beberapa pabrik semen milik negara, menjaga moratorium pabrik semen demi mengurangi over supply.

"Di Pulau Jawa, produksi semen sudah mencapai angka 65 juta ton, sementara permintaan hanya 38 juta ton. Berarti ada 27 juta ton yang tidak terpakai," ungkap Nevi pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT Semen Indonesia, Rabu.

Dikatakan Nevi, jumlah pemain (pabrik) semen juga cukup banyak. Sementara, permintaan yang cenderung stagnan. Ini jadi tantangan berat Industri Semen Indonesia. Menurut Nevi, PT Semen Indonesia harus mampu berkolaborasi dengan banyak pihak.

"Salah satu yang perlu diperbaiki adalah koordinasi dengan stakeholder terkait khusus kementerian dan lembaga. Ini terkait persoalan saat perizinan dua pabrik baru yang beroperasi yang tidak diketahui oleh BPPM," ungkap Nevi pada rapat itu.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

Politisi PKS ini mengaku, mendapatkan informasi terkait tidak ada kejelasan perizinan dua pabrik semen baru yang sudah beroperasi. Dia menegaskan, tidak ada izin pendirian pabrik semen baru, karena ada moratorium. Namun, ternyata ada dua pabrik semen yang baru beroperasi.

Sesuai dengan kesepakatan rapat, Nevi menyarankan, agar perusahaan holding dan berbagai anak perusahaannya, membuat model bisnis dan strateginya untuk meningkatkan ekspor.

Peningkatan ekspor ini di masa datang diharapkan, Indonesia menjadi pemain industri semen regional dan global setelah mandiri dalam pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Nevi mengatakan, pada saat rapat terjadi perkembangan dialog terkait adanya investasi perusahaan Holding Semen ini di Vietnam. Anggota komisi VI bersepakat agar PT Semen Indonesia dapat memberikan penjelasan terkait investasi ini.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

"Kami semua di Komisi VI menyetujui bila PT Semen Indonesia terus menerus melakukan inovasi kreasi untuk menambah pendapatan," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: