Refleksi 24 Tahun Reformasi '98: Nilai-nilai Perjuangan Reformasi harus Terus Digulirkan

Kamis, 19 Mei 2022, 22:01 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Refleksi 24 Tahun Reformasi '98: Nilai-nilai Perjuangan Reformasi harus Terus Digulirkan
Moderator Reno Fernandes, memimpin diskusi tentang perjalanan 24 tahun reformasi dengan menghadirkan aktivis kemahasiwaan intra dan ekstra kampus, Kamis. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid dari kantor Revolt Institute.

"Pimpinan kampus saat itu, memberi ruang pada aktivis kemahasiswaan. Ini jadi salah satu momentum mengkristalnya gerakan mahasiswa di kampus IAIN Imam Bonjol yang kemudian menular ke berbagai perguruan tinggi di Kota Padang," terang Abrar.

Pergerakan mahasiswa di IAIN ini, terang Abrar, tak lepas dari kiriman celana dalam ke Kampus Unand yang masih belum bergerak turun kejalan, sementara mahasiswa di Jawa dan daerah lainnya telah lebih dulu melakukannya.

Diujung diskusi, Bordon mengajak aktivis kemahasiswaan era 98 dan 99 ini, intens menyelenggarakan grup diskusi, dalam kerangka mengingatkan kembali politisi era sekarang, tentang nilai-nilai yang diperjuangkan pada era reformasi dulu.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Alokasikan Anggaran Jalan Bayang - IV Jurai Rp 8 Miliar

"Alhamdulillah, di 24 tahun perjalanan reformasi, Revolt Institute mempertemukan kita semua kembali. Semoga, diskursus tentang keindonesia dan kebangsaan ini bisa terus digulirkan, sehingga spirit perjuangan reformasi ini bisa terus dirasakan generasi saat ini dan mendatang," harap Bordon.

Sebelumnya, diskusi serupa dalam tajuk "Reformasi 98 dalam pandangan mahasiswa kini dan arah gerakan kemahasiswaan kedepan," juga dihadirkan sejumlah tokoh sentral kemahasiswaan era saat ini. Seperti, Ketua Umum HMI Cabang Padang, Nebusfanando dan Dhiky Armadhany (Ketua Umum GMNI Padang).

Dalam diskusi yang dipandu dosen sosiologi UNP, Reno Fernandes itu, juga dihadirkan Asyhadi Waladi Sinaga (presiden BEM KM Unand), Irwandi (presiden BEM KM UNP) dan Jafri Naldo (Ketua Sema UIN Imam Bonjol).

Kedua diskusi ini digelar di markas Revolt Institute, di Komplek BPD, Kelurahan Air Pacah, kecamatan Koto Tangah, Padang. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: