Realisasi PAD Bukittinggi Bertambah Rp3,1 Miliar selama Sepekan Libur Lebaran

Senin, 09 Mei 2022, 20:21 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Realisasi PAD Bukittinggi Bertambah Rp3,1 Miliar selama Sepekan Libur Lebaran
Taman aneka burung di TMSBK Bukittinggi.

BUKITTINGGI (9/5/2022) - Sektor Pariwisata selama libur lebaran Idul Fitri 1443 H, memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bukittinggi menembus angka Rp3,1 miliar. Ini merupakan pemasukan terhitung dari 2-8 Mai 2022.

"PAD tersebut bersumber dari pungutan retribusi di tiga objek wisata yaitu Benteng Fort de Kock, Panorama Lobang Japang dan Kebun Binatang," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukitinggi, Hendry di Bukittinggi, Senin.

Menurut dia, pencapaian PAD sebesar Rp3,1 miliar tidak terlepas dari tingginya minat wisatawan datang ke Bukittinggi.

"Kedepannya, kita akan terus meningkat pendapat dari sektor pariwisata. Salah satu caranya dengan meningkatkan destinasi wisata," paparnya.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Ia mengatakan, wisatawan datang berkunjung pada sebuah daerah, harus didukung dengan rasa nyaman dan keramahtamahan dari daerah itu sendiri.

"Untuk Bukittinggi, kita selalu menanamkan kepada petugas agar terapkan sapta penosona ke setiap orang yang datang," paparnya.

"Di samping itu, melalui peran serta dari anggota sadar wisata, juga sangat menunjang. Makanya, kita selalu mengadakan pelatihan bagi kelompok-kelompok yang menunjang kepariwisataan di Bukittinggi," ungkapnya.

Disampaikan, pada objek wisata tak berbayar seperti di Taman Jam Gadang --sebagai ikon Bukittinggi-- kenyamanan wisatawan diutamakan.

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

Bukittinggi satu kota tujuan wisata terkemuka di Sumatera Barat berada di ketinggian sekitar 780-950 meter dari permukaan laut dengan suhu berkisar 16,1 derajat celcius sampai 24,9 derajat celcius, sehingga memiliki udara yang sangat sejuk membuat pengunjung senang datang ke kota itu.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: