1,48 Juta Pemudik Berangkat dari 20 Bandara di PT AP II

Sabtu, 30 April 2022, 21:53 WIB | Bisnis | Nasional
1,48 Juta Pemudik Berangkat dari 20 Bandara di PT AP II
Aktivitas pemudik di selasar Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu malam.

"Apabila permintaan tinggi, AP II selaku operator bandara akan berkoordinasi dengan maskapai dan ground handling serta pihak terkait lainnya untuk menambah kapasitas kursi penerbangan melalui mekanisme extra flight (penerbangan tambahan), pengaturan slot time penerbangan, perpanjangan jam operasional bandara, dan lain sebagainya," ungkap Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, keunggulan ketiga yang dimiliki transportasi udara adalah luasnya konektivitas penerbangan.

"Transportasi udara mengkoneksikan setiap provinsi di Indonesia. Melalui jalur udara, kita bisa melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lainnya dengan waktu yang singkat. Di negara kepulauan seperti Indonesia, transportasi udara merupakan moda yang paling efisien dan efektif," ujar Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Gubernur Sumbar Tinjau Jalur Alternatif Padang-Bukitinggi via Lubuk Mata Kucing-Pandai Sikek

Tiga keunggulan itu juga yang menjadikan transportasi udara sebagai pilihan pemudik dalam melakukan perjalanan pada angkutan lebaran 2022.

Oleh karena itu, PT. Angkasa Pura II mengiimbau masyarakat dapat memanfaatkan pilihan menggunakan transportasi udara dalam masa arus mudik lebaran dan tentu saja juga pada saat arus balik nanti.

Puncak Arus Mudik

Adapun bandara-bandara AP II dalam angkutan lebaran 2022 ini telah melalui puncak arus mudik dengan lancar.

Puncak arus mudik di 20 bandara AP II terjadi pada 29 April 2022 (H-3) dengan jumlah pergerakan penumpang pesawat secara kumulatif mencapai 218.657 orang dan frekwensi penerbangan sebanyak 1.649 penerbangan

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah pergerakan penumpang puncak arus mudik pada H-3 tercatat 141.347 orang dan frekwensi penerbangan sebanyak 1.052 penerbangan.

Total, sepanjang H-10 hingga H-3 (22 April-29 April) secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II tercatat mencapai 1,48 juta orang.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: