Kunjungi Pasaman Barat, Mensos Risma Contohkan Pemasangan Tenda Pengungsi Berbasis Keluarga

Sabtu, 26 Februari 2022, 16:56 WIB | News | Kab. Pasaman Barat
Kunjungi Pasaman Barat, Mensos Risma Contohkan Pemasangan Tenda Pengungsi Berbasis...
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini memimpin teknis pemasangan tenda pengungsi yang didesain untuk penanganan korban bencana berbasis keluarga, saat meninjau korban gempa di Pasaman Barat, Sabtu. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (26/2/2022) - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mencontohkan teknis pemasangan tenda pengungsi yang didesain untuk penanganan korban bencana berbasis keluarga, saat meninjau korban gempa di Pasaman Barat, Sabtu.

"Tenda ini bisa dipasang oleh satu keluarga, karena sangat mudah," kata Mensos Risma saat mengunjungi korban gempa bumi di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

Tenda tersebut dikembangkan untuk kebutuhan korban terdampak bencana berbasis keluarga dengan ukuran lebih proporsional, desain lebih sederhana dan pemasangan lebih praktis, sehingga tidak terlalu berat dan mudah diberikan pada keluarga. Tenda ini telah diujicobakan pemasangannya di Kemensos pada 31 Mei 2021 lalu.

"Hari ini saya datang bersama tim mengunjungi para penyintas dan langsung menyerahkan bantuan," ungkap Tri Rismaharini.

Baca juga: BMKG Rilis Cuaca Ekstrim Periode 28-30 Desember 2022, Ini Daerah Potensi Terpapar Dampak Hidrometeor

Mensos juga melakukan pengecekan ke titik-titik kerusakan dan tenda pengungsian untuk menentukan tindakan lebih lanjut.

Di kesempatan itu, Mensos menyerahkan bantuan dari Gudang Regional di Palembang dengan bantuan logistik berupa pampers 300 paket dan makanan siap saji 2.000 paket.

Kemudian, sandang bayi 300 paket, pembalut wanita 300 paket, tenda gulung 300 unit, tenda keluarga 50 unit, kasur 300 unit, family kit 300 paket, veltbed 70 unit dan matras 300 paket.

Selain itu, juga ada air minum kemasan 100 dus, food ware 300 paket, selimut 300 lembar, tenda merah putih 4 unit, peralatan dapur keluarga 300 paket, kids ware 10 paket.

Baca juga: Webinar BMKG dengan Pakar: Patahan Baru di Pasbar Dinamai Sesar Talamau, Dampak Goncangan Hingga VIII MMI

"Bantuan ini dari Gudang Palembang, langsung dikirim ke Pasaman Barat," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: