APKESMi Padang Dilantik, Dipimpin dr Muhammad Fardhan

Jumat, 11 Februari 2022, 16:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
APKESMi Padang Dilantik, Dipimpin dr Muhammad Fardhan
Ketua APKESMI Sumatera Barat, dr Winanda melantik dr Muhammad Fardhan sebagai ketua APKESMi Padang, Kamis untuk masa bakti 2022-2025. (veby riki yanto)

PADANG (10/2/2022) - Ketua Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) Sumatera Barat, dr Winanda melantik pengurus APKESMI Padang, Kamis. Kepala Puskesmas Pauh, dr Muhammad Fardhan akan menakhodai kepengurusannya untuk masa bakti 2022-2025.

"Dalam pembangunan kesehatan, Puskesmas memiliki peranan signifikan mengingat beban pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, sebagian besar tertumpu di pundak Puskesmas. Oleh karena itu, integritas Puskesmas sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan program-program kesehatan yang telah dicanangkan," ungkap dr Winanda dalam arahannya saat pelantikan.

Dikatakan Kepala Puskesmas Padang Pasir itu, Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Seiring dengan diberlakukannnya otonomi daerah, urai dia, kondisi Puskesmas disetiap daerah sangat variatif baik dari sisi sarana dan prasarana, sumber daya kesehatannya maupun ketersediaan anggarannya. Meskipun secara makro, program kesehatan masih tetap dalam kendali Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca juga: Pasien Kanker Perlukan Asupan Gizi yang Tepat

"Untuk mewujudkan Puskesmas yang kokoh, tangguh dan bermutu, Kepala Puskesmas seluruh Indonesia bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi sebagai wadah diskusi dan menyalurkan aspirasi Puskesmas dengan nama Akselerasi Puskesmas Indonesia," ungkap dr Winanda seputar latar belakang terbentuknya APKESMI ini.

APKESMI di tingkat Sumatera Barat, telah terbentuk sejak 25 Maret 2021. "Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan pelantikan Dewan Pengurus APKESMI tingkat kabupaten Kota di Kota Padang. Ini merupakan Dewan Pengurus Cabang yang pertama di Sumatera Barat," ujarnya.

Dia berharap, para Kepala Puskesmas kabupaten kota lainnya di Sumatera Barat, juga memiliki semangat yang sama atau bahkan lebih untuk segera membentuk DPC di kabupaten kotanya masing-masing.

Menurut dia, dengan adanya APKESMI ini, akan memudahkan untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi baik secara internal APKESMI maupun secara eksternal dengan lintas sektor dan pemangku kepentingan di daerah masing-masing.

Baca juga: Rakerwil DPW APKESMI Sumbar, Kesejahteraan Nakes jadi Pembahasan

"Saya juga berharap, APKESMI dapat menjadi wadah bagi Puskesmas untuk saling menguatkan dalam pencapaian vaksin, khususnya saat ini usia anak," imbuhnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: