Pucuk Adat Nagari Tuo Pariangan Bai'at Fauzi Bahar jadi Ketua LKAAM Sumbar

Senin, 31 Januari 2022, 19:59 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pucuk Adat Nagari Tuo Pariangan Bai'at Fauzi Bahar jadi Ketua LKAAM Sumbar
Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, Ninik Mamak sekaligus Pucuk Adat Nagari Tuo Pariangan, Datuak Bandaro Kayo, bacakan Pati Ambalau (dibai'at-red) pada Fauzi Bahar Dt Nan Sati sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, di

PADANG (31/1/2022) - Fauzi Bahar Dt Nan Sati di Pati Ambalau (dibai'at-red) jadi Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat oleh Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, Ninik Mamak sekaligus Pucuk Adat Nagari Tuo Pariangan, Datuak Bandaro Kayo, di Padang, Senin. Usai dibai'at, Fauzi Bahar langsung mengukuhkan pengurus LKAAM Sumatera Barat periode 2022-2026.

"Hari ini, kita tegakkan kembali Tigo Tungku Sajarangan Tali Tigo Sapilin di Ranah Minang. Kita juga mau tegakkan hukum serta menjaga anak kemenakan di wilayah masing-masing dari pengaruh 'srigala --srigala' Narkoba dan pergaulan bebas. Sebab, hampir tidak ada wilayah di Sumbar ini yang tidak tersentuh olehnya," tegas Fauzi Bahar dalam pidato usai pelantikan di aula kantor gubernur Sumbar.

Fauzi Bahar juga mengapresiasi dukungan gubernur pada LKAAM Sumbar sekaligus mengajak segenap pengurus, untuk ikut mendukung program pemerintah seperti vaksinasi dan pembangunan jalan tol.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi yang hadir langsung pada pembai'atan ini, mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Fauzi Bahar yang terpilih pada Musyawarah Besar LKAAM ke-12, medio Desember 2021 lalu.

Baca juga: Ketua LKAAM Sumbar: Pengabdian Nurkhalis pada Kemajuan Petani Tak Diragukan Lagi

Mahyeldi juga menyampaikan rasa syukur atas dikukuhkannya jajaran pengurus LKAAM Sumbar periode 2022-2026. Dengan pelantikan ini, menurut dia, akan menambah semangat dan kontribusi besar dalam upaya membangun Sumatera Barat secara bersama-sama.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, saya mengucapkan selamat atas pati ambalau dan pengukuhan pengurus LKAAM Sumbar periode 2022-2026. Insya Allah, ini akan jadi penambah semangat kita membangun Sumbar," ucap Mahyeldi.

Melalui berbagai program nantinya, Mahyeldi berharap, LKAAM Sumbar juga bisa berperan dalam menghadirkan kembali tokoh-tokoh dan pemimpin-pemimpin besar, sebagaimana sejarah telah membuktikan bahwa Ranah Minangkabau merupakan gudang para pahlawan dan tokoh nasional yang selalu hadir dan tampil dalam berbagai situasi penting perjalanan NKRI.

Jadi Contoh

Baca juga: Internet dan Telepon Seluler Masuk Dunia Pendidikan, Ketua LKAAM Sumbar: Potensi jadi Pemicu Kerusakan

Sementara itu, mantan Mensos RI, Bachtiar Camsyah berharap, LKAAM Sumatera Barat jadi yang terdepan dalam menerapkan falsafah ABS-SBK yang sudah jadi kesepakatan para pendahulu yang dituangkan dalam Perjanjian Marapalam.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: