Ketua LKAAM Sumbar: Pengabdian Nurkhalis pada Kemajuan Petani Tak Diragukan Lagi

Sabtu, 02 Desember 2023, 15:15 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Ketua LKAAM Sumbar: Pengabdian Nurkhalis pada Kemajuan Petani Tak Diragukan Lagi
Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Dt Nan Sati memperkenalkan Nurkhalis (baju kemeja hitam di barisan depan) saat memberikan sambutan pada pelantikan Tim 100 Bakorsi Padang, Sabtu siang. (mangindo kayo)

PADANG (2/12/2024) - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Fauzi Bahar Dt Nan Sati menilai, Nurkhalis merupakan seorang pemuda Minang yang membaktikan dirinya pada kemajuan petani.

"Saya telah berkunjung ke petani binaan Nurkhalis di sejumlah daerah di Sumbar ini. Luar biasa pengabdian adinda saya ini, untuk kemajuan pertanian Sumatera Barat," ungkap Fauzi Bahar saat memberikan sambutan pada pelantikan Tim 100 Bakorsi Anies-Muhaimin tingkat Padang, Sabtu siang.

Diketahui, Nurkhalis merupakan Koordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani (Korwil Gempita) Sumatera Barat.

Korwil Gempita Sumbar, Nurkhalis saat memberikan sambutan pada pengukuhan Tim 100 Bakorsi Sumbar di Padang, Sabtu. (mangindo kayo)
Korwil Gempita Sumbar, Nurkhalis saat memberikan sambutan pada pengukuhan Tim 100 Bakorsi Sumbar di Padang, Sabtu. (mangindo kayo)

Sejak dikukuhkan, Nurkhalis tak henti berkeliling Sumbar, membangkitkan semangat generasi muda Minang, untuk jadi petani milenial.

Baca juga: Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2020, Nurkhalis Ajak Petani Parit Rantang Gunakan Pupuk Ramah Lingkungan

Terlebih, sebagian besar wilayah Sumbar ini cocok untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Selama sewindu lebih berkiprah di Gempita Sumatera Barat, Nurkhalis telah berhasil menggerakan petani untuk mengaktifkan lebih dari 10 ribu hektare lahan tidur yang kemudian ditanami tanaman palawija.

Di Limapuluh Kota, tepatnya di Nagari Tarantang, pada 2017 lalu, Nurkhalis bersama pemuda tani berhasil menjadikan lahan tidur di daerah itu jadi perkebunan jagung.

Upaya ini kemudian berbuah prestsi nasional. Gempita Sumbar dinobatkan sebgai lima terbaik nasional di tahun 2018.

Baca juga: Pembekalan Mahasiwa Magang Universitas Tamansiswa Hadirkan Korwil Gempita Sumbar

"Adinda saya ini fokus menggerakan para pemuda Sumbar jadi petani. Upayanya ini berkelanjutan sehingga patut diapresiasi secara lebih luas," ungkap Fauzi Bahar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH