Dies Natalis ke-66 FMIPA: Rektor Unand Harapkan Prodi Akreditasi A Segera Beralih jadi Prodi Unggul

Senin, 04 Oktober 2021, 16:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dies Natalis ke-66 FMIPA: Rektor Unand Harapkan Prodi Akreditasi A Segera Beralih jadi...
Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri saat menghadiri rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-66 FMIPA Unand yang digelar secara hybrid, Sabtu (2/10/2021).

Kurikulum OBE

Sementara, Dekan FMIPA Unand, Prof Syukri Arief menyatakan, meskipun proses Tri Dharma Perguruan Tinggi telah menyesuaikan dengan kondisi new normal yang didominasi aktifitas Daring, namun upaya strategis terus dilakukan untuk menjamin pelaksanaan keberlanjutan Tri Dharma perguruan tinggi di FMIPA.

Upaya strategis tersebut antara lain, optimalisasi transformasi digital melalui e-learn dan MYMIPA, penguatan internasionalisasi mutu pendidikan melalui pengakuan akreditasi internasional. Juga adanya kelas berbahasa internasional, pengembangan kerjasama dan peningkatan peran alumni.

Baca juga: Rektor Ingatkan Peran Alumni di Pengukuhan DPP IKA Unand 2021-2025

Sejak awal 2020, Kementrian Pendidikan meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), berupa adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar Program Studi, agar kelak pada gilirannya menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan abad ke-21 yang semakin komplek.

"Beberapa Prodi FMIPA juga telah melalukan perubahan kurikulum berbasis OBE (Outcome Base Education) dan telah mendapatkan persetujuan senat untuk dapat diterapkan pada 2021 ini. Berbagai upaya pengelolaan untuk peningkatan pencapaian prestasi dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa sejak Agustus 2020, juga dijabarkan secara lengkap," ungkapnya.

Terkait penguatan Alumni, pada Rapat Senat Terbuka ini juga telah dilakukan proses pelantikan Ikatan Alumni FMIPA oleh DPP IKA Unand. Pelantikan dilakukan Wakil Ketua Umum IV DPP IKA Unand, Firdaus HB.

Dalam sambutannya, Firdaus yang mewalili Ketua Umum IKA Unand, Rustian karena tengah bertugas dalam PON di Papua, mengungkapkan rasa haru dan apresiasi atas dapat terlaksananya pelantikan Pengurus IKA FMIPA dalam acara Puncak Dies Natalis FMIPA ke-66.

Sementara, Ketua Umum DPP FMIPA Unand, Rinaldi dalam sambutannya mengungkapkan tekad, komitmen alumni memberikan kontribusi lebih baik dan nyata pada almamater.

Menurut Prof Yuliandri, peran alumni ke depan sangatlah strategis, akan terintergrasi dengan semua unsur yang ada di Unand. "Alumni dengan Unand sebagai PTNBH, akan jadi bagian Majelis Wali Amanat (MWA) dan mempunyai peran dalam pengambilan kebijakan terutama terkait non akademik," ungkap Prof Yuliandri.

Pemberian penghargaan pada dosen dan tenaga kependidikan yang telah purnabakti, dosen berprestasi, pengelola jurnal berprestasi, tenaga kependidikan berprestasi dan mahasiswa berprestasi juga jadi bagian penting rapat senat terbuka, sebagai apresiasi terhadap berbagai prestasi yang telah dicapai civitas akademika FMIPA Unand.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: