Tujuh Kecamatan di Limapuluh Kota Bakal Dapat PJU Baru

Kamis, 17 September 2015, 18:47 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Tujuh Kecamatan di Limapuluh Kota Bakal Dapat PJU Baru
Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo, memasangkan tanda pangkat baru pada perwakilan personel Dishub Kominfo pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2015 tingkat Limapuluh Kota, Kamis (17/9/2015) di kantor bupati di kawasan Sarilamak. (humas)

VALORAnews - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Limapuluh Kota, bakal terang benderang pada malam hari serta memiliki rambu-rambu petunjuk pengarah jalan (RPPJ). Hal itu bertujuan untuk untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan para pengguna jalan serta memudahkan orang mencari lokasi dan setiap nagari yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Setdakab Limapuluh Kota, Rasdison mengatakan hal itu usai apel peringatan Hari Perhubungan Nasional 2015, yang dipimpin Bupati Alis Marajo di halaman kantor bupati setempat, Kamis (17/9/2015).

"Untuk pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) itu dialokasikan dana sebesar Rp1,1 miliar. Untuk tahun anggaran 2015 ini, PJU itu fokus disebar di tujuh kecamatan," terang Rasdison, dikutip dari siaran pers Humas Setdakab Limapuluh Kota.

Dikatakan, kecamatan itu yakni kecamatan Payakumbuh, Akabiluru, Guguak, Luak, Lareh Sago Halaban, Pangkalan dan Kapur IX. "Saat ini, kegiatan itu sudah dalam proses tender," terangnya.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Dikatakan, lampu PJU itu bertujuan untuk penerangan jalan buat mempermudah pejalan kaki dan pengendara, melihat jalan lebih jelas pada malam hari. Dengan begitu, diharapkan keselamatan dan keamanan pengguna jalan yang berlalu lintas, lebih aman dan lancar.

"Dengan adanya PJU, kita berharap bisa mengantisipasi tindak kriminal atau gangguan keamanan serta kecelakaan lalu lintas," papar Rasdison sembari menyebut selain pemasangan baru, tahun ini juga ada kegiatan perbaikan lampu jalan dengan dukungan anggaran sebesar Rp200 juta.

Begitu juga RPPJ, lanjut Rasdison, Dishub Kominfo kembali melanjutkan pengadaannya sebagai lanjutan dari kegiatan sejak dua tahun terakhir. Hingga tahun ketiga ini, diperkirakan RPPJ di Limapuluh Kota baru teralisasi sekitar 30 persen dari kebutuhan. Kekurangannya sekitar 70 persen lagi, akan dipenuhi secara bertahap pada tahun-tahun berikut.

"RPPJ itu akan memudahkan orang mencari nagari ataupun lokasi wisata yang ada. Siapapun yang datang ke sini, tidak akan bingung dan tidak perlu bertanya-tanya lagi, melainkan cukup melihat ke papan penunjuk arah seperti yang ada di kota-kota besar," terang Rasdison.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sementara, Bupati Alis Marajo dalam sambutan Menteri Perhubungan yang dibacakannya selaku pembina apel, mengajak memaknai peringatan hari perhubungan nasional itu sebagai momentum untuk merenungkan kembali kinerja dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: