Tim Pengabdian PNP Latih UMKM Maninjau Rancang Konten Promosi di Media Sosial

Minggu, 08 Agustus 2021, 19:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Pengabdian PNP Latih UMKM Maninjau Rancang Konten Promosi di Media Sosial
Instruktur pelatihan membuat konten promosi di media sosial dari tim pengabdian PNP, Sumira, memberikan materi tentang mendesain konten foto dan bahasa pada 25 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Nagari Bayua, Kecamatan Maninjau. (istimewa

AGAM (8/8/2021) - Sebanyak 25 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Nagari Bayua, Kecamatan Maninjau dilatih membuat konten promosi di media sosial, berupa konten foto maupun bahasa yang digunakan.

Diharapkan, pelatihan ini akan mampu meningkatkan volume penjualan produk UMKM yang tergabung dalam TP-PKK Nagari Bayua itu.

"Kami mendapatkan banyak ilmu setelah pelatihan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat," kata Sumira, instruktur pelatihan dari tim pengabdian Politeknik Negri Padang (PNP), mengutip testimoni seorang peserta.

Pelatihan yang digelar 27 Juli 2021 ini, merupakan pengabdian masyarakat dari timJurusan Bahasa Inggris PNP. Tema yang diambil, "Pelatihan Public Speaking untuk Konten Media Sosial dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Nagari Bayua."

Baca juga: NAGARI SAGO SALIDO Gelar Pelatihan Aplikasi Canva ke UMKM

Menurut Sumira, keterampilan promosi di media sosial di masa pandemi Covid19 ini, sangat strategis dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Karena, selama Pandemi Covid19 ini, volume penjualan langsung produk pelaku usaha UMKM mengalami penurunan drastis.

Sebelumnya, pelaku usaha UMKM dari Nagari Bayua, telah menjalankan usaha dibidang kuliner pengolahan hasil Danau Maninjau seperti rinuak goreng, peyek rinuak, bada masiak dan lainnya. Kemudian, aneka produk kerajinan tangan.

"Selama ini, melakukan pemasaran langsung sekaligus mencoba melakukan penjualan online melalui media sosial seperti facebook, Instragram, whatsaap," terangnya. "Akan tetapi, hasil yang capai belum maksimal, tidak sesuai harapan."

Namun, seusai pelatihan, para pelaku usaha mengaku, mereka mendapatkan kepercayaan diri lagi untuk berjualan secara online.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka, namun tetap mengedepankan protokol Kesehatan. Kegiatan ini merupakan implementas dari penelitian yeng berjudul "Public Speaking in online Media: A Support of economic Life facing Covid19."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: