IAIN Bukittinggi Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Solsel

Sabtu, 17 Juli 2021, 21:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
IAIN Bukittinggi Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Solsel
Bupati Solok Selatan, Khairunnas berdialog dengan Rektor IAIN Bukittinggi, Dr Ridha Ahida dalam silaturahmi yang digelar di kantor bupati Solsel, Sabtu (17/7/2021). (humas)

SOLOK SELATAN (17/7/2021) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, jajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Kerjasama ini berkaitan dengan kesamaan tujuan yang dimiliki Pemkab Solok Selatan maupun IAIN Bukittinggi, terutama dari segi pendidikan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Bupati Solok Selatan, Khairunas saat audiensi mengatkan, dirinya sudah melihat banyak kesamaan visi dengan IAIN Bukittinggi terutama di bidang pendidikan. Menurutnya, pendidikan termasuk dalam program unggulan yang sedang digencarkan oleh Pemkab Solok Selatan.

"Kami berterimakasih atas kedatangan IAIN Bukittinggi ke Solok Selatan. Kami melihat banyak kesamaan tujuan, apalagi program unggulan kami juga banyak mengenai pendidikan," jelas Khairunnas, Sabtu siang.

Sehubungan dengan rencana kerja sama tersebut, Khairunnas menghadirkan segenap OPD terkait rencana kerjasama tersebut. Juga langsung membahas kemungkinan bentuk kerjasama seperti apa yang relevan dengan Pemkab Solok Selatan.

Baca juga: Bupati Solsel Pimpin Studi Tiru ke MPP Pekanbaru, Peluang Kerjasama Suplai Bahan Pokok Dilirik

Menanggapi itu, Rektor IAIN Bukittinggi, Dr Ridha Ahida menyatakan, dengan sumber daya 4 fakultas dan 31 prodi yang dimiliki IAIN Bukittinggi, pihaknya siap bekerja sama dengan Pemkab Solok Selatan untuk mewujudkan visi misi dan program kerja bupati dan wakil bupati Solok Selatan.

Ridha optimistis, akan terwujudnya kerjasama yang baik dengan Pemkab Solsel, dan saling membantu mengembangkan Kabupaten Solsel maupun pengembangan IAIN Bukittinggi.

Menurut dia, perguruan tinggi perlu bermitra dengan pemda dalam upaya berkolaborasi mencerdaskan, meningkatkan kualitas SDM masyarakat Solsel pada umumnya.

"Alhamdulillah, luar biasa sekali sambutan Bupati, Pak Khairunnas, beliau langsung menindak lanjuti dan meminta pendapat OPD terkait mengenai kerjasama-kerjasama apa yang relevan dengan IAIN Bukittinggi, kami optimistis ini akan terwujud," pungkas Ridha.

Baca juga: Expo Jelang HUT ke-19: Pemkab Solsel Gelar Festival Kopi se-Sumatera

Saat ini, disamping fakultas-fakultas bidang keagamaan, IAIN Bukittinggi juga memiliki empat program studi bidang umum yang telah direkomendasikan langsung oleh Kemendikbud yaitu Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Teknik Teknik Informatika dan Komputer. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: