Pengabdian Masyarakat PKM UNP: Bumnag Nagari Kamang Hilia Dilatih Ilmu Studi Kelayakan dan Penyusunan Laporan Keuangan

Kamis, 15 Juli 2021, 21:01 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pengabdian Masyarakat PKM UNP: Bumnag Nagari Kamang Hilia Dilatih Ilmu Studi Kelayakan...
Ketua Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat Program Pengembangan Nagari Binaan Universitas Negeri Padang (PKM PPNB UNP), Halkadri Fitra foto bersama dengan peserta pelatihan studi kelayakan usaha dan Penyusunan Laporan Keuangan, 8 Juli 2021 lalu. (is

Narasumber dalam paparannya menekankan perlunya studi kelayakan usaha pada Bumnag/Unit Usaha Bumnag dan menjelaskan penilaian kelayakan usaha pada aspek keuangan dan aspek non keuangan.

Diharapkan, melalui adanya studi kelayakan pada usaha Bumnag, membuat pengurusnya dapat menjalankan kegiatan dan usaha bisnisnya, sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di nagari.

Pada hari kedua, yang jadi narasumber Deviani dengan Topik Penyusunan Laporan Keuangan Bumnag dan Unit Usaha Bumnag yang dimoderatori Henri Agustin pada sesi pertama dan Erly Mulyani pada sesi kedua.

Baca juga: Nurnas Merasa Direksi Perusda Sumbar Perlu Belajar ke Bumnag Koto Ranah Sakti

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan proses penyusunan laporan keuangan Bumnag dan Unit Usaha Bumnag, tujuan penyusunan laporan keuangan dan manfaat laporan keuangan.

Kegiatan selama dua hari ini berjalan lancar. Peserta kegiatan banyak memberikan pertanyaan dan masukan serta pendapat, terkait dengan kondisi Bumnag, kelayakan usaha Bumnag dari berbagai aspek, serta kondisi pelaporan keuangan Bumnag.

Peserta juga mengharapka kegiatan ini dapat menyentuh aspek-aspek lainnya di bidang usaha Bumnag dan UMKM seperti aspek pasar, aspek promosi dan kelembagaan serta sumber daya manusia untuk memperkokoh Bumnag dan unit usaha Bumnag.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan, melihat kondisi usaha dua unit UMKM yang ada di Nagari Kamang Hilia yaitu Usaha Kerupuk Kamang dan Usaha Susu Kambing yang sudah terkenal sampai ke beberapa daerah sekitar.

Setelah melihat kondisi usaha UMKM, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kantor Bumnag Kamang Hilia Sejahtera. Di kantor ini, tim melihat usaha yang sedang dijalankan Bumnag dan juga melihat sistem pelaporan keuangan Bumnag. (vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: