Erman Safar-Marfendi Programkan Dana Kelurahan Rp1 Miliar

Minggu, 01 November 2020, 15:27 WIB | News | Kota Bukittinggi
Erman Safar-Marfendi Programkan Dana Kelurahan Rp1 Miliar
Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Bukittinggi, H Erman Safar -- H Marfendi bersama sejumlah ulama dalam satu kegiatan di kawasan Jam Gadang. (istimewa)

VALORAnews - Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Bukittinggi, H Erman Safar -- H Marfendi tidak hanya mengandalkan baliho untuk memperkenalkan diri ke masyarakat. Pasangan calon nomor urut 2 ini melakukan blusukan, turun langsung ke masyarakat. Menyerap aspirasi dan persoalan yang dihadapi wargakota.

"Kami juga melihat, menyaksikan langsung, hampir di semua kelurahan kondisinya memprihatinkan. Tidak ada pembangunan yang berarti di kelurahan. Kami berpikir, pola pembangunan harus diperbaiki. Kelurahan harus dijadikan ujung tombak pembangunan kota," kata Erman Safar pada media ini di Posko Perjuangan 'Rumah Juang' Jl Bypass Bukittinggi, kemarin.

"Mengubah pola pembangunan, tidak mengabaikan kelurahan, kami masukkan dalam visi misi dan program unggulan," kata Erman Safar.

Sebagai ujung tombak pembangunan, dialokasikan anggaran khusus untuk kelurahan. Pimpinan kelurahan bermusyawarah dengan tokoh masyarakat, pemuda, kaum ibu-ibu untuk merencanakan, apa yang perlu dilakukan dalam skala kelurahan.

Baca juga: Realisasi Hebat Pendidikan Erman-Marfendi, Siswa SMA Dibantu Rp150 Ribu dan SMK Rp200 Ribu

Rencana program bisa meliputi perbaikan riol, jalan lingkungan, memperbaiki kawasan kumuh, pengadaan tong sampah, pengadaan lampu penerangan dan lainnya.

"Masyarakat di kelurahan yang tahu persis hal apa dan masalah apa yang dihadapi. Selama ini, usulan masyarakat kelurahan dari Musrenbang ada, tapi bisa tidak terealisasi. Kami ingin lakukan, ada dana khusus dialokasikan untuk setiap kelurahan," ujar Erman Safar.

Kota Bukittinggi dengan luas 25 km persegi, terdapat 3 kecamatan dengan 24 kelurahan. Penduduknya berjumlah 128.972 jiwa (data 2019).

Dalam kunjungan langsung Erman Safar-Marfendi ke hampir semua kelurahan, hanya kelurahan yang berada di ring-satu atau pusat kota yang cukup baik fasilitas publiknya. Misal, di sekitaran kelurahan Benteng Pasar Atas, Belakang Balok dan sebagian Gulai Bancah.

Baca juga: Ciptakan Bukittinggi Bebas Banjir: Erman Safar--Marfendi akan Bangun Gorong-gorong Terintegrasi untuk Kabel Listrik dan Telepon

"Selebihnya, berkeliling di kawasan kelurahan kita seperti tidak berada di sebuah kota. Tentu, ke depan kondisi ini tidak boleh terus dibiarkan pemerintah," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: