Unand Dukung Penuh IAIN Batusangkar jadi Universitas

Kamis, 01 Oktober 2020, 16:41 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Unand Dukung Penuh IAIN Batusangkar jadi Universitas
Rektor Unand, Prof Yuliandri bersama Dr Marjoni Imamora (Rektor IAIN Batusangkar) memperlihatkan nota kesepahaman usai penandatanganan di rektorat Kampus Unand Limau Manis, Kamis (1/10/2020). (jheni rahmad/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - IAIN Batusangkar jalin kerjasama dengan Univeritas Andalas (Unand) Padang. Kerjasama ini salah satu upaya mewujudkan sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi misi dalam Keilmuan, Bereputasi Global yang Berkearifan Lokal.

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) itu berlangsung di gedung Rektorat Unand, Kamis (1/10/2020). Kerjasama ini ditandatangai Dr Marjoni Imamora (Rektor IAIN Batusangkar) dan Prof Yuliandri (Rektor Unand). Juga hadil masing-masing wakil rektor.

Prof Yuliandri menyatakan, Unand siap mendukung penuh perubahan alih status IAIN Batusangkar jadi UIN Batusangkar. "Surat dukungan itu, telah dikeluarkan oleh Rektor Unand sebelum saya," ucap Yuliandri yang juga putra Tanahdatar itu.

Dalam MoU antara IAIN Batusagkar dan Unand, banyak kerjasama yang akan dilakukan. Di antaranya di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta dan pengabdian pada masyarakat. "Ini tentu tonggak dasar dari MoU tersebut," tutur Prof Yuliandri.

Baca juga: Dies Natalis ke-68, Unand Tempati Peringkat 6 Nasional, Ini Harapan Gubernur Sumbar

Sementara, Dr Marjoni Imamora mengatakan, bukan hal yang baru bagi IAIN Batusangkar dalam bergandeng tangan dengan Unand dalam hal memajukan pendidikan, keagamaan serta peningkatan kualitas pendidikan, kelembagaan dan sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan.

"Dengan terjalinnya kerjasama ini, tentunya akan melahirkan inovasi-inovasi di bidang pendidikan. Salah satunya tentang kampus mardeka, ini akan sinergi membuka akses bagi mahasiswa IAIN Batusangkar yang berminat dalam pengambilan mata kuliah di Unand, maupun sebaliknya," terang dia.

"Mengingat, kita di IAIN Batusangkar sudah mengantongi 7 Program Studi/Jurusan yang telah terakreditasi A BAN-PT," ungkap putra Pariaman itu.

Begitu juga bagi dosen yang akan mengembangkan riset dalam penelitian dan pelatihan, dan berbagai hal lainya, ungkapnya, dapat direalisasikan serta dimplementasikan pada semua aspek dan program-program yang saling mengembangkan dalam dunia pendidikan.

Baca juga: BPKH Gelar Sayembara Logo, Nama dan Desain User Interface, Simak Syarat, Kategori dan Hadiahnya

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Sirajul Munir mengatakan, merencanakan akan pengembangan kajian budaya Minangkabau di kampus IAIN Batusangkar. Ini akan mendorong dari visi/misi IAIN Batusangkar, "Integratif dan Interkonektif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: