KPU Sumbar Batasi Jumlah Orang di Pleno Pengundian Nomor Urut, Ini Rinciannya

Senin, 21 September 2020, 09:42 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
KPU Sumbar Batasi Jumlah Orang di Pleno Pengundian Nomor Urut, Ini Rinciannya
Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Iwwaryani.

VALORAnews - Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryanimengonfirmasi, pleno terbuka dengan agenda pengundian nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2020, akan digelar Kamis (24/9/2020) depan.

"Peserta pleno terbuka pengundian nomor urut ini sangat kita batasi. Yang dibolehkan hadir dalam ruangan rapat pleno kita itu, hanya pasangan calon didampingi dua orang dari partai pengusul dan Liaison Officer (LO) pasangan calon," ungkap Izwaryani, di Padang, Senin (21/9/2020).

Ditegaskan Izwaryani, kebijakan pembatasan ini, merujuk petunjuk teknis yang disampaikan KPU RI. Selain pembatasan jumlah, peserta pleno nantinya akan diperiksa suhu tubuh, diwajibkan mengenakan masker serta standar protokol kesehatan lainnya.

"Untuk tim hore pasangan calon termasuk wartawan yang akan meliput, kita belum memutuskan teknisnya seperti apa. Kita belum membahasnya secara detail, karena pada Senin ini masih ikut memantau pelaksanaan test kesehatan 6 bakal calon kepala daerah yang sebelumnya positif Covid19," ungkap Izwaryani.

Baca juga: Ini Nomor Urut Cabup-Cawabup Limapuluh Kota 2020

Sebelum pengundian nomor urut, terang dia, KPU Sumbar akan menggelar pleno penetapan pasangan calon. Pleno ini, akan digelar secara tertutup pada Rabu (23/9/2020). Pada pelaksanaan pemilihan sebelumnya, tahapan ini digelar secara terbuka.

"Kebijakan ini (pleno tertutup penetapan calon-red) merujuk petunjuk teknis yang disampaikan KPU RI pada kita," ungkapnya.

Pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2020, empat pasangan calon diusulkan partai politik maupun gabungan partai politik pada tahapan pendaftaran, 4-6 September 2020 lalu.

Sesuai urutan kehadiran pada masa pendaftaran, pasangan calon pertama yaitu Mahyeldi-Audy Joinaldy yang mendaftar Jumat (4/9/2020). Pasangan calon ini diusulkan PKS dan PPP dengan kekuatan 14 kursi di DPRD Sumbar.

Baca juga: Digelar Besok di Hotel Inna Muara Padang: Pengundian Nomor Urut Cagub Sumbar Ikuti Protokol Kesehatan Covid19, Ini yang Boleh Masuk

Pasangan calon Nasrul Abit-Indra Catri mendaftar Sabtu (5/9/2020). Pasangan ini diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), pemilik 14 kursi di DPRD Sumbar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: