Pelaku Pariwisata Tanahdatar Dilatih Strategi Pemasaran Destinasi

Sabtu, 12 September 2020, 18:26 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Pelaku Pariwisata Tanahdatar Dilatih Strategi Pemasaran Destinasi
Peserta pelatihan tata kelola destinasi wisata, Disparpora Tanahdatar menyimak paparan Dr Verinita, akademisi dari Universitas Andalas, tentang 'Pasar Pariwisata: Kajian Segmentasi, Permintaan dan Penawaran untuk para pelaku dan pengelola destinasi wisata
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memasuki hari keempat pelatihan tata kelola destinasi wisata, Disparpora Tanahdatar mengundang narumber Dr Verinita, akademisi dari Universitas Andalas, Sabtu (12/9/2020).

Verinita memaparkan materi tentang 'Pasar Pariwisata: Kajian Segmentasi, Permintaan dan Penawaran untuk para pelaku dan pengelola destinasi wisata'.

Kajian segmentasi pasar pariwisata, pemateri membagi wisatawan berdasar geografis, demografis, psikografis (kelas sosial) dan perilaku.

Sedangkan penawaran pariwisata diperlukan unsur dari atraksi, akses, fasilitas dan adanya lembaga yang melindungi turis.

"Untuk permintaan pariwisata dipengaruhi ekonomi (daya beli), geografis (asal daerah) dan psikografis (motivasi)," jelas Verinita.

Kemajuan pariwisata akan maksimal dengan kajian segmentasi dan penawaran pariwisata yang tepat sehingga membuat permintaan yang tinggi terhadap usaha pariwisata.

Tanahdatar memiliki potensi wisata yang besar baik wisata alam, budaya, bahari dan peninggalan prasejarah. Hal ini memerlukan strategi pemasaran pariwisata untuk memberikan dampak ekonomi pada masyarakat.

Pelatihan yang digelar 9-13 September 2020 ini, akan ditutup hari ini oleh Kepala Disparpora Tanahdatar, Abdul Hakim. Kegiatan dilanjutkan besok, dengan melakukan kunjungan studi tiru oleh panitia dan peserta ke kabupaten Agam.

Dengan kegiatan ini, diharapkan terjadi peningkatan sumber daya dan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan kepariwisataan Kabupaten Tanahdatar. (jen)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: