Wabup Tanahdatar Apresiasi Semangat Gotong Royong Warga Jorong Perwakilan Sapta Marga II

Jumat, 03 Juli 2020, 21:59 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Wabup Tanahdatar Apresiasi Semangat Gotong Royong Warga Jorong Perwakilan Sapta Marga II
Wabup Tanahdatar, Zuldafri Darma memberikan sambutan dan arahan pada gotong royong yang digelar Jorong Perwakilan Sapta Marga II Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, Jumat (3/7/2020). (jheni rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Potensi ada, di satu sisi semangat gotong royong dan kebersamaan sudah terjalin dengan baik sementara sisi lain terbatasnya kemampuan keuangan daerah, tentu akan menjadi lebih mudah (dicarikan solusinya). Dengan semangat gotong royong akan timbul terobosan-terobosan baru," sampainya.

Sebelumnya, Wali Jorong Perwakilan Sapta Marga II, Sukarmin menjelaskan, wilayahnya merupakan bagian dari Jorong Tanjung Modang dan berharap bisa menjadi jorong definitif di Tanahdatar.

"Sesuai dengan kondisi alam, warga Sapta Marga II yang berjumlah 65 KK atau 300 jiwa ini mayoritas merupakan petani dan peternak dan memasarkan hasil pertanian untuk wilayah Lintau dan Limapuluh Kota," ulasnya.

Baca juga: Tanahdatar Terbitkan SE tentang Pelaksanaan PTM di Masa Pandemi Covid19

Sukarmin menuturkan, penamaan wilayahnya Sapta Marga II sesuai dengan program TNI Angkatan Darat, saat pembukaan wilayah untuk personil Angkatan Darat pada 1977 silam.

"Kepala Staf Angkatan Darat waktu itu yang langsung memberikan nama Sapta Marga dibawah binaan Kodam 17 Agustus. Dimana, Sapta Marga I berada di Pesisir Selatan, Sapta Marga II di Tanahdatar dan Sapta Marga III di Pasaman," terangnya.

Untuk Sapta Marga II ini, urai Sukarmin, sebanyak 16 kapling masing-masing kapling 1,5 hektar.

Sukarmin menambahkan, sejak 1993, pembinaannya pindah dari Kodim Limapuluh Kota ke Kodim 0307 Tanahdatar pada 1993.

"Pemindahan wilayah ke Kodim 0307 Tanahdatar, terjadi pada 1993 ditandai dengan kegiatan bhakti ABRI dan Pemkab, berupa pembangunan jalan desa dan jalan Pauh Tinggi," terangnya.

Di akhir penyampaian, Sukarmin berharap, usaha masyarakat di sektor pertanian dan peternakan semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan. (jen)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: