Seluruh Pasien Positif Covid19 di Payakumbuh Dinyatakan Sembuh

Senin, 22 Juni 2020, 21:42 WIB | News | Kota Payakumbuh
Seluruh Pasien Positif Covid19 di Payakumbuh Dinyatakan Sembuh
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Kadis Kesehatan dr Bakhrizal, memberikan keteranan pers melalui video converence (Vidcon) bersama awak media melalui aplikasi Zoom, Senin (22/6/2020) di Ruang Pertemuan

VALORAnews - Kabar gembira datang dari Kota Payakumbuh, seluruh pasien positif Covid-19 di Kota Randang itu sudah sembuh, berdasarkan hasil swab terakhir Laboratorium Unand Padang.

"Alhamdulillah, kita menyampaikan kabar baik hari ini, kasus positif kita sudah nol, seluruh pasien positif sudah sembuh," kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid19 yang Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dalam video converence (Vidcon) bersama awak media melalui aplikasi Zoom, Senin (22/6/2020).

Di Ruang Pertemuan Randang lantai II Balaikota, turut mendampingi Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Kadis Kesehatan dr Bakhrizal, Kalaksa BPBD Yufnani Away, Kakankesbangpol Budhy Permana, Kadiskominfo Jhon Kenedi dan Kabid Humas Hermanto.

Total terdeteksi positif Corona di Payakumbuh ada 27 orang, yang bertempat tinggal dan KTP di Payakumbuh sebanyak 20 orang, 6 KTP Limapuluh Kota dan 1 KTP Agam.

Baca juga: Payakumbuh Terancam Kembali Masuk Zona Merah Covid19

Menariknya, waktu kesembuhan setiap pasien berbeda-beda. Paling cepat sembuh selama 7 hari dan ada yang paling lama, 49 hari.

Dikatakan Riza, meski ada warga luar Payakumbuh yang positif, tim gugus tugas Kota Payakumbuh tetap mengurusinya. "Bukan masalah siapa yang mengurusi, ini adalah masalah kemanusiaan yang harus ditangani bersama-sama," kata Riza Falepi.

Riza menegaskan, meski sudah tak ada lagi kasus positif di Payakumbuh, posko-posko tangguh yang ada di kelurahan tetap dipertahankan. Hal ini bukan mengartikan boleh menurunkan kewaspadaan meskipun jumlahnya tidak sebanyak saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan. Saat itu ada 74 posko.

"Saya sangat apresiasi warga yang komit mempertahankan posko mereka. Disini fungsinya tetap menjaga dengan masih ada yang waspada, menjaga kedisiplinan masyarakat, serta peran kontrol dan koordinasi berjalan melihat kondisi, jangan sampai orang pendatang keluar masuk seenaknya saja," kata Riza.

Baca juga: 5 Warga Payakumbuh Sembuh dari Covid19

Riza juga menyebut Puskesmas terus tetap harus 24 jam bekerja, siaga penuh. Dinas Kesehatan pun kesiapsiagaannya belum diturunkan, termasuk posko yang ada di Puskesmas dan rumah sakit.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: