Zulkifli Hasan Sosialisasikan Empat Pilar Bangsa ke Aktivis KNPI Sumbar: Pemuda Harus Kuasai Iptek

Selasa, 01 September 2015, 13:35 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Zulkifli Hasan Sosialisasikan Empat Pilar Bangsa ke Aktivis KNPI Sumbar: Pemuda Harus...
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan saat menyampaikan paparan tentang empat pilar kebangsaan di seminar yang digelar FISIP Unand, sENIN (1/9/2015). Zulkifi Hasan juga jadi keynote speaker dalam agenda yang sama dengan jajaran KNPI Sumbar. (istimewa)

VALORAnews - Tantangan bangsa Indonesia dewasa ini adalah meningkatkan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dengan menguasai Iptek, bangsa ini akan mampu bersaing di era global.

"Jangan lagi mengandalkan sumber daya alam, karena hal itu akan membuat kita terlena dan malas," ungkap Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Selasa (1/9/2015) di Padang.

Kehadiran mantan Menteri Kehutanan era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono diperiode kedua itu ke Padang, dalam rangka sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama pengurus KNPI Sumbar. Sosialisasi digelar di gedung pemuda, kawasan GOR Agus Salim.

Dikatakan, sumber daya alam kalau tidak dikelola oleh SDM yang menguasai Iptek, berpotensi akan mendatangkan bencana. Contohnya, jika hutan tidak dikelola dengan baik, malah akan mendatangkan musibah seperti banjir dan longsor.

Baca juga: REVITALISASI PASAR, Rudi Hariyansyah: Alhamdulillah, Pasar Lunang Usulan Kami ke Menteri Perdagangan Akhirnya Selesai

"Yang paling penting itu adalah, SDA itu persediaannya terbatas. Jadi, tugas KNPI adalah menjawab tantangan itu yaitu membentuk generasi muda yang mampu bersaing di tingkat global. Salah satu caranya, menguasai Iptek itu tadi," ungkap Zulkifli yang juga ketua umum DPP PAN itu.

Empat pilar yang disosialisasikan itu adalah Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Sosialisasi ini, sedikitnya diikuti 200 peserta yang terdiri dari elemen pemuda yang tergabung dalam KNPI. Juga hadir pengurus BEM sejumlah universitas dan OSIS sekolah.

Juga ikut hadir Ketua DPP Bidang Hukum PAN, H Taslim, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Guspardi Gaus, anggota DPR RI yang juga Ketua DPW PAN Sumbar, Asli Chaidir dan para sesepuh KNPI Sumbar. (vri)

Baca juga: KNPI Pessel Gelar Sosialisasi UU Kepemudaan di Tarusan

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: