Gempabumi Tektonik 5,3 SR Mengguncang Tua Pejat

Sabtu, 23 Mei 2020, 08:59 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Gempabumi Tektonik 5,3 SR Mengguncang Tua Pejat
Info grafis gempa bumi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORnews - Wilayah Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, diguncang gempabumi tektonik yang memiliki parameter update magnitudo 5,0 Skala Richter (SR) pada Sabtu (23/5/2020) sekitar pukul 05.36 WIB. Beberapa saat setelah kejadian, seismograf BMKG mencatat gempa ini berkekuatan 5,3 SR.

"Pusat gempa terletak pada koordinat 2.39 LS dan 99.58 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah Barat Daya Tua Pejat, pada kedalaman 28 km," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, terang Rahmat, gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan adanya aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme naik (thrust fault)," terangnya.

Baca juga: Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Tua Pejat III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 06:20 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tukas dia. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: