Padang Sumbang Kasus Positif Terbanyak: Tujuh Pasien Positif Covid19 Dinyatakan Sembuh

Minggu, 12 April 2020, 16:03 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Padang Sumbang Kasus Positif Terbanyak: Tujuh Pasien Positif Covid19 Dinyatakan Sembuh
Info grafis Covid19 di Sumbar per Ahad (12/4/2020).

VALORAnews - Dua belas orang warga Sumbar dinyatakan positif menderita Corona Virus Diseases 2019 (Covid19) per Ahad (12/4/2020), pukul 13.00 WIB. Kota Padang jadi penyumbang terbesar, 10 kasus. Kemudian ditambah masing-masing satu kasus di Mentawai dan Pasaman.

"Hari ini, kita juga patut bersyukur pada Allah SWT. Seorang pasien positif Covid19 yang jalani perawatan di RSUP M Djamil asal Pesisir Selatan, dinyatakan sembuh. Artinya, telah dua orang pasien dari Pessel dinyatakan sembuh. Total yang telah sembuh jadi tujuh orang," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid19 Sumbar, Jasman Rizal dalam pernyataan tertulis Ahad siang.

Menurtu dia, dari laporan berbagai rumah sakit rujukan yang merawat pasien positif Covid19 di Sumbar, secara umum dinyatakan berangsur pulih dan membaik. "Mari kita sama-sama berdoa, semoga saudara kita yang lagi dirawat itu, diberikan nikmat kesembuhan oleh Allah SWT," ungkap Jasman yang juga Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar.

Secara keseluruhan, yang telah dinyatakan positif Covid19 di Sumbar per Ahad siang ini adalah 44 orang. Rinciannya, dirawat 15 orang, isolasi diri di rumah 19 orang, sembuh 7 orang dan meninggal dunia 3 orang.

Baca juga: OJK Hentikan Stimulus Covid19 untuk Sektor PVML, Ini Alasannya

Dijelaskan Jasman, lonjakan kasus di Padang ini disebabkan adanya kasus satu keluarga dengan 5 orang anggota, dinyatakan positif Covid19. Keluarga ini terpapar, karena terlibat kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan positif.

"Keluarga ini dinyatakan positif dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga mereka hanya isolasi mandiri di rumah yang diawasi secara ketat oleh tim kesehatan," terang dia.

"Salah seorang dari anggota keluarga itu, profesinsya berjualan di Pasar Raya Padang. Sekarang, tim kesehatan telah lakukan tracing sejarah kontak mereka di Pasar Raya tersebut," tambah Jasman.

Baca juga: Stimulus Restrukturisasi Kredit Dampak Covid19 Dimanfaatkan 6,68 Juta Debitur, Didominasi UMKM

Sementara, lima orang lagi adalah pasien PDP yang telah dirawat di RSUP M Djamil. Kemudian, pasien positif dari Mentawai, merupakan seorang mahasiswi di Jakarta. "Yang bersangkutan dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan," tukas dia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: