Payakumbuh Tuntaskan Relokasi Anggaran untuk Tangani Covid19, Rida: Terkumpul Lebih dari 7,5 M

Kamis, 02 April 2020, 18:00 WIB | News | Kota Payakumbuh
Payakumbuh Tuntaskan Relokasi Anggaran untuk Tangani Covid19, Rida: Terkumpul Lebih dari...
Sekda Payakumbuh, Rida Ananda. (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota Payakumbuh, telah melakukan refocusing dan relokasi anggaran di kegiatan SKPD yang tidak mungkin dilaksanakan akibat dampak pandemi Virus Corona (Covid19) di tahun anggaran 2020 ini.

"Artinya, ada beberapa kegiatan ditunda dan diarahkan ke penanganan Covid19," ungkap Sekretaris Daerah Payakumbuh, Rida Ananda, Kamis (2/4/2020).

Rida menyebut, untuk seluruh kepala OPD, perjalanan dinasnya dipotong. Saat ini, Pemko ke DPRD menyampaikan hasil penjabaran dalam bentuk Perwako. Mekanismenya, di perubahan anggaran akan dilaporkan.

"Jumlahnya, mungkin bisa lebih dari Rp7,5 Miliar. Karena, wabah Covid19 ini ada dampak sosial masyarakatnya, apalagi pada masyarakat miskin," kata Rida.

Baca juga: Informasi Salah Bertebaran, KPID Sumbar: Pemerintah Butuh Lembaga Penyiaran Publik Lokal

Dia menyebut, pada April ini akan diberikan beras pada masyarakat miskin yang diluar jatah sembako dari PKH. Itu ada sekitar 15 persen dari 44.000 orang.

"Ada 6 ribuan warga yang mendapat bantuan beras. Kita sudah mengetahui. bagaimana warga kita pendapatan dari berjualannya berkurang akibat Covid19, maka perkiraan kita diberikan 9kg per orang untuk kehidupannya selama sebulan," kata Rida.

Ditambahkannya, sekarang stok beras sebanyak 100 ton tersedia di Bulog. Ada 23 ton cadangan pangan Kota Payakumbuh selama beberapa bulan.

"Saat ini, kebutuhan warga kita sedang dihitung Dinas Sosial, kita hanya memberikan kepada warga miskin yang kita sebutkan diatas, ada sebanyak 6 ribuan orang lah," katanya.

Baca juga: Rida Ananda Dilantik jadi Pj Wali Kota Payakumbuh, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Selain menyiapkan beras dan cadangan pangan, Pemko juga menyiapkan penggalangan sumbangan makanan siap saji bagi siapapun yang bertugas menangani Covid19 di Payakumbuh.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: